Rusia Anggap Tuduhan Doping Tim Sepakbolanya Hoax

Kesebelasan Rusia (berkostum putih) saat tampil di Piala Dunia 2014.
Sumber :
  • REUTERS/Yves Herman

VIVA.co.id – Kepala eksekutif komite pengorganisasian lokal untuk Rusia 2018, Alexey Sorokin, menyatakan tuduhan soal kasus doping yang melanda 23 pemain Rusia di Piala Dunia Brasil 2014 hanya berita yang dibuat-buat. Bahkan, Sorokin menilai berita tersebut cukup aneh. 

Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia Milik Lionel Messi Dipertanyakan

Dilansir dari Theworldgames, media di Inggris melaporkan, dari 23 pemain, 11 pemain terindikasi menggunakan doping. FIFA pun menyatakan akan menyelediki kasus yang doping Timnas Rusia. 

"Emosi pertama saya adalah saya sangat merasa baik jika Dailymail fokus akan isu tersebut. Itu berarti turnamen (Piala Konfederasi) berjalan dengan baik, karena mereka menulis tentang masa lalu," kata Sorokin. 

Thomas Mueller Bantah Rumor Pensiun dari Timnas Jerman

"Saya serius berbicara sangat aneh jika muncul sekarang. Jelas bahwa ini berita yang benar-benar dibuat," tambah Sorokin. 

Menurut Sorokin, ia telah menerima respons dari FIFA bahwa pemain telah melakukan tes doping dan hasilnya negatif. Sorokin menambahkan, dengan hasil itu tidak ada lagi yang harus dibicarakan. 

Dahsyat, Piala Dunia 2022 Qatar Cetak Rekor Gol

Sementara itu, Pengacara Ricard McLaren mempublikasikan sebuah laporan pada Desember lalu yang mengklaim jika antara tahun 2011 dan 2015 lebih dari seribu atlet di Rusia menggunakan doping. Di mana hasil tes doping dimanipulasi. 

"Kenapa kita harus berbicara tentang pernyataan orang berdasarkan kesaksian yang tidak dapat dipercaya?  Kita harus berbicara fakta," jelas Sorokin. (ren)

Mesut Oezil

Mesut Oezil Putuskan Pensiun

Mantan gelandang Arsenal, Real Madrid dan Timnas Jerman, Mesut Oezil mengumumkan dirinya pensiun sebagai pesepakbola profesional pada usia 34 tahun. "Terima kasih."

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2023