Anggota AFF Keroyok Malaysia soal Aturan Sepakbola SEA Games

Ilustrasi Timnas Malaysia sedang menjalani latihan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id – Aturan aneh dalam undian sepakbola di SEA Games 2017, Malaysia, terus menuai kecaman. Setelah Indonesia dan Vietnam, kali ini negara-negara lain anggota AFF mulai mengecam Malaysia.

Mantan Pelatih Malaysia Dukung Shin Tae-yong Coret Saddil Ramdani dari Timnas Indonesia

Mereka protes lantaran Malaysia menerapkan aturan aneh yang dianggap tak adil. Seluruh anggota AFF, kecuali Malaysia, sudah sepakat untuk melayangkan keberatan secara resmi ke AFC.

Kenapa sampai ke AFC? Sebab, aturan di SEA Games ternyata sudah disetujui oleh AFC.

Keputusan Besar Shin Tae-yong Jadi Sorotan Mantan Pemain Malaysia, FAM Kena Sentil

"Tanggal 1 Juli 2017 lalu, ada pembicaraan AFF di Vietnam. Seluruh anggota AFF, termasuk Indonesia sepakat menyampaikan keberatan melalui AFC," kata Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, Senin 3 Juli 2017.

AFC, disebutkan Joko, saat ini sedang berkomunikasi dengan panitia lokal, MASOC, dan FAM terkait aturan tersebut. Dalam beberapa hari ke depan, sebelum pengundian 8 Juli 2017, AFC akan mengambil keputusan terkait masalah ini.

Terpopuler: Kontroversi Program Naturalisasi, Shin Tae-yong Ditawar Negara Lain

"Tunggu dalam satu atau dua hari ke depan. AFC saat ini masih berkomunikasi dengan pihak terkait. Usulannya sederhana, undian menggunakan mekanisme seperti sebelumnya," terang Joko.

Undian sepakbola SEA Games 2017 memang aneh. Bukan juara bertahan yang berhak memilih grup, tapi tuan rumah Malaysia. Tentu saja, hal ini memancing amarah seluruh peserta.

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam

Mantan Pemain Malaysia Puji Timnas Indonesia: Mereka Kerja saat Kami Istirahat

Mantan pemain timnas Malaysia, Azlan Johar memberi pujian kepada Timnas Indonesia yang sudah berkembang pesat. Dia juga meminta negaranya untuk meniru skuad Garuda.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024