Imbang Lawan Timnas U-22, Thailand Lolos Piala Asia U-23

Timnas Malaysia U-22 saat berhadapan dengan Thailand U-22
Sumber :
  • The Star

VIVA.co.id – Tim nasional Thailand U-22 sukses melangkah ke Piala Asia U-23 2018 China. Mereka lolos dengan status runner up terbaik. Hasil imbang 0-0 melawan Timnas Indonesia U-22, kemarin jadi faktor penentunya.

Ditekuk Australia, Timnas U-23 Gagal Lolos ke Piala Asia 2022

Thailand U-22 sebenarnya beruntung. Sebab, selama di Grup H Kualifikasi Piala AFC mereka hanya mengumpulkan lima poin. Jika dibandingkan dengan runner up grup lain, jumlah itu kalah, karena mayoritas mengoleksi enam poin.

Akan tetapi, AFC sebelum Kualifikasi digelar mengeluarkan peraturan baru. Mereka memutuskan menghilangkan perhitungan poin setiap tim melawan peringkat keempat di grup seiring mundurnya Sri Lanka.

Babak I, Gol Australia Beratkan Langkah Timnas Indonesia U-23

"Karena ada perbedaan jumlah tim setelah Sri Lanka mundur dari Grup A, maka hasil pertandingan melawan peringkat ke-4 dalam setiap grup tidak dihitung," demikian pernyataan AFC dalam laman resminya.

Dengan begitu, hasil imbang 0-0 Thailand U-22 melawan Mongolia U-22 dihilangkan. Mereka pun mengoleksi empat poin, karena sukses menang tiga gol tanpa balas melawan Malaysia U-22.

Australia Cetak Gol, Langkah Timnas U-23 Makin Berat

Hitungan lainnya yang membuat mereka beruntung karena China yang sebenarnya lolos otomatis ke Piala Asia U-23 menjadi juara Grup J. Posisi tersebut akhirnya menjadi milik Jepang, sebagai satu-satunya wakil dari grup itu.

"China sudah otomatis lolos ke putaran final, mereka menjadi juara grup, berarti ada tambahan satu tim yang diambil dari runner up terbaik. Dengan begitu, ada enam runner up yang diambil."

Juara grup

Oman (Grup A), Irak (Grup B), Qatar (Grup C), Uzbekistan (Grup D), Palestina (Grup E), Australia (Grup F), Korea Utara (Grup G), Malaysia (Grup H), Korea Selatan (Grup I).

Runner up terbaik

Arab Saudi (Grup B), Suriah (Group C), Jordania (Grup E), Thailand (Grup H), Vietnam (Grup I), Jepang (Grup J).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya