8 Fakta Menarik Jelang Real Madrid vs Manchester United

Pertandingan Real Madrid vs Manchester United
Sumber :
  • ESPN

VIVA.co.id – Duel dua klub elite Eropa, Real Madrid kontra Manchester United, akan digelar di Philip II Stadium, Skopje, Macedonia, Rabu 9 Agustus 2017 dini hari WIB. Madrid dan MU akan bentrok di ajang Piala Super Eropa 2017. Jelang laga ini, ada beberapa fakta menarik yang tersaji dalam sejarah pertemuan kedua tim.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Madrid yang berstatus sebagai juara Liga Champions 2016/2017, berpeluang meraih gelar juara Piala Super Eropa secara beruntun. Madrid sukses menjuarai ajang ini musim lalu, usai menang 3-2 atas Sevilla. Jika berhasil meraih gelar juara, Madrid juga akan menjadi tim ke-12 yang mampu meraih gelar juara Piala Super Eropa secara beruntun.

Sementara itu, bagi MU, gelar ini punya arti penting bagi klub maupun sang manajer, Jose Mourinho. Bagaimana tidak, MU yang berstatus juara Liga Europa 2016/2017, baru 1 kali meraih gelar ini, pada 1991. Saat itu, MU sukses mengalahkan raksasa Yugoslavia, Red Star Belgrade, dengan skor 1-0.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Dalam dua kesempatan selanjutnya pada 1999 dan 2008, MU gagal memaksimalkannya. MU kalah 0-1 dari Lazio pada 1999, dan kalah 1-2 dari Zenit Saint Petersburg. 

Bukan cuma itu, Mourinho yang punya 2 titel juara Liga Champions, justru belum pernah merasakan juara di ajang ini. Mourinho 3 kali mengantar tim yang diasuhnya menembus Piala Super Eropa, yakni pada 2002 dan 2003 bersama FC Porto. 

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Pada 2002, Porto kalah 0-1 dari AC Milan, semusim berselang, Mourinho kembali gagal lantaran Porto kalah 1-2 dari Valencia. Kemudian pada 2013, Mourinho yang kala itu menukangi Chelsea menelan kekalahan dari Bayern Munich lewat drama adu penalti. Chelsea kalah 5-4 (2-2) dari Bayern. 

Dirangkum dari data UEFA.com dan BBC, berikut beberapa fakta menarik jelang duel Madrid vs MU.

8 Fakta Menarik Jelang Laga Real Madrid vs Manchester United:

- Terakhir kali MU juara Piala Super Eropa pada 1991. 

- MU menelan 2 kekalahan di ajang ini. Tahun 1999, MU kalah 0-1 dari Lazio. Kemudian di tahun 2008, MU kalah 1-2 dari Zenit Saint Petersburg.

- Meski mampu mengoleksi 12 gelar juara Liga Champions. Madrid juga kesulitan meraih gelar ini selama 45 tahun digelar. Madrid hanya mampu 3 kali meraih gelar juara Piala Super Eropa (2002, 2014, 2016).

- Manajer MU, Jose Mourinho, belum pernah sekali pun meraih gelar Piala Super Eropa. Mourinho juga adalah pelatih pertama yang menukangi 3 tim berbeda dalam kesempatan bermain di Piala Super Eropa (FC Porto, Chelsea, dan MU).

- Madrid berpeluang menyamai rekor juara Piala Eropa 2 kali secara beruntun, yang dipegang oleh Dynamo Kyiv, Anderlecht, Liverpool, Nottingham Forest, Valencia, Aston Villa, Aberdeen, FC Porto, Mechelen, Barcelona, Parma, dan AC Milan.

- Cristiano Ronaldo jadi pencetak gol terbanyak Madrid di ajang Piala Super Eropa dalam 3 tahun terakhir. Ronaldo mencetak 2 gol dalam laga kontra Sevilla pada 2014.

- Dalam 12 pertemuan kedua tim sepanjang sejarah, Madrid lebih dominan atas MU. Madrid mampu memetik 4 kemenangan, 5 hasil imbang, dan hanya menelan 2 kekalahan.

- MU berpeluang memiliki gelar Piala Super Eropa lebih dari 1 kali. Sebelumnya ada Nottingham Forest (2 gelar) dan Liverpool (4 gelar).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya