7 Fakta Usai Madrid Pertahankan Gelar Piala Super Eropa

Real Madrid juara Piala Super Eropa 2017
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA.co.id – Real Madrid berhasil mempertahankan gelar juara Piala Super Eropa. Pasukan Zinedine Zidane sukses mengalahkan jawara Liga Europa 2016/2017, Manchester United. Dalam laga yang digelar di Philip II Stadium, Skopje, Macedonia, Madrid menang 2-1, Rabu 9 Agustus 2017 dini hari WIB.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Usai berhasil mempertahankan gelar Piala Super Eropa, Madrid berhasil mencatat rekor baru di ajang ini. Salah satu diantaranya adalah menyamai rekor 13 tim elite Eropa, yang mampu meraih dua gelar Piala Super Eropa secara beruntun.

(Baca juga: Real Madrid Juara Piala Super Eropa)

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Pun dengan Zidane, yang sukses menyamai rekor pelatih legendaris AC Milan, Arrigo Sachi. Zidane mampu menyamai rekor Sachi, dengan meraih 2 gelar Piala Super Eropa secara beruntun.

Tak cuma di kubu Madrid, di kubu MU juga ada beberapa catatan menarik. Khususnya untuk manajer MU, Jose Mourinho. Mourinho kembali harus mengubur mimpinya meraih gelar ini untuk pertama kalinya. Dengan kekalahan ini, Mourinho berarti sudah 4 kali kalah di ajang Piala Super Eropa.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Dikutip dari data UEFA.com dan BBC, berikut ada beberapa fakta menarik usai laga Madrid kontra MU.

Fakta Menarik Usai Madrid Pertahankan Gelar Piala Super Eropa:

- Madrid menyamai rekor 13 tim Eropa yang mampu meraih gelar Piala Super Eropa dua kali beruntun. Dynamo Kyiv, Anderlecht, Liverpool, Nottingham Forest, Valencia, Aston Villa, Aberdeen, FC Porto, Mechelen, AC Milan, Barcelona, Parma, dan Juventus.

- Zinedine Zidane berhasil meraih 6 gelar dalam waktu hanya satu setengah tahun.

- Zidane juga mampu menyamai rekor pelatih kenamaan Italia, Arrigo Sachi. Zidane jadi salah satu pelatih yang sukes memenangkan 2 gelar Piala Super Eropa secara beruntun. Sachi pernah membawa AC Milan juara di ajang yang sama tahun 1989 dan 1990.

- Madrid berhasil melewati rekor 3 gelar juara Piala Super Eropa Liverpool. 4 gelar yang diraih Madrid, hanya terpaut satu gelar dengan Barcelona dan AC Milan.

- Jose Mourinho belum pernah memetik kemenangan jika berhadapan dengan Madrid. Usai keluar dari posisi pelatih Madrid pada 2013, Mourinho menelan 4 kekalahan dan 1 hasil imbang.

- Mourinho kembali gagal merengkuh gelar Piala Super Eropa pertama kalinya. Mourinho gagal dalam 3 kesempatan sebelumnya, bersama Porto pada 2003 dan 2004, serta Chelsea 2012.

- Bomber anyar MU, Romelu Lukaku, mencetak gol perdana di ajang resmi. Lukaku mencetak satu-satunya gol di laga kontra Madrid menit 62.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya