Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:28 WIB
  • Pelatih Timnas Spanyol Ogah Pikirkan Kisruh Politik Catalan

  • Oleh
    • Radhitya Andriansyah
Pelatih Timnas Spanyol Ogah Pikirkan Kisruh Politik Catalan
Photo :
  • REUTERS/Ronen Zvulun
Pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui

VIVA.co.id – Timnas Spanyol sukses menembus putaran final Piala Dunia 2018 Rusia, usai memetik kemenangan 1-0 atas Israel, dalam matchday 9 Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018, Selasa 10 Oktober 2017 dini hari WIB.

Bukan perkara mudah bagi Spanyol bisa menembus putaran final 2018. Meski dihuni sederet pemain top dunia, Spanyol justru harus berhadapan dengan masalah internal.

Lolosnya Spanyol ke Piala Dunia 2018, diiringi dengan memanasnya iklim politik dalam negeri. Seperti yang diketahui, saat ini Spanyol tengah mendapat desakan dari Provinsi Catalan yang ingin melepaskan diri.

Catalan bahkan sudah mengadakan referendum, untuk bisa melepaskan diri dari Kerajaan Spanyol. Hasil pemungutan suara dalam referendum tersebut menghasilkan lebih dari 90 persen masyarakat Catalan ingin merdeka.

Terkait hal ini, pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui, menegaskan tak ingin memikirkan hal tersebut. Eks kiper Real Madrid dan Barcelona ini menegaskan bahwa seorang olahragawan tidak terlalu mengerti soal politik dalam negeri Spanyol.

"Politik di Spanyol? Kami adalah pelaku olahraga. Dan politik, adalah sesuatu hal yang jauh dari pemahaman kami. Saya tidak akan mengatakan sesuatu tentang hal itu," kata Lopetegui dikutip Football Espana.

Keberhasilan Spanyol menembus Piala Dunia 2018, adalah yang ke-14 kali bagi Tim Matador beraksi di kejuaraan kasta tertinggi di dunia. (one)