3 Negara Juara Hanya Jadi Penonton Piala Dunia 2018

Winger Arsenal asal Chile, Alexis Sanchez, akankah ke MU?
Sumber :
  • REUTERS/Paulo Whitaker

VIVA.co.id – Kejutan demi kejutan mewarnai babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Beberapa negara yang semula diunggulkan justru tak lolos ke Rusia tahun depan.

Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Afrika 2023, Timnas Senegal Tantang Pantai Gading

Selain kegagalan Belanda, ada beberapa kejutan lain. Seperti dilansir berbagai sumber, tiga tim yang berstatus sebagai juara di wilayah mereka, malah gagal mengantongi tiket ke Piala Dunia.

Yang paling mengejutkan adalah Chile. Sebab, La Roja berstatus sebagai juara Copa America dalam dua edisi terakhir, pada 2015 dan 2016. Mereka juga sukses menembus final Piala Konfederasi 2017, sebelum kalah 0-1 dari Jerman di final.

Andre Onana Serbasalah, Akhirnya Tak Peduli Kritik

Chile gagal melenggang, usai kalah 0-3 dari Brasil di laga pamungkas zona CONMEBOL, Rabu pagi WIB, 11 Oktober 2017. Mereka hanya mampu finis di peringkat 6 dengan raihan 26 poin dari 18 pertandingan.

Kegagalan Chile diikuti oleh Amerika Serikat. Berstatus sebagai juara Piala Emas CONCACAF 2017, AS justru gagal lolos, usai kalah 1-2 dari Trinidad & Tobago. Ini kali pertama AS absen di Piala Dunia, sejak 1986.

Andre Onana Belum Laporan ke Ten Hag soal Piala Afrika 2024

Juara Piala Afrika 2017, Kamerun juga gagal melaju ke Piala Dunia. Mereka hanya mampu menempati posisi 3 Grup B dengan 6 poin dari 5 laga. Dengan satu laga tersisa, Kamerun sudah tak bisa mengejar poin Nigeria yang sudah memastikan diri lolos.

Nasib lebih baik dialami juara Piala Asia 2015, Australia. Namun, Socceroos harus bersusah payah demi merebut tiket ke Rusia. Mereka masih harus melakoni partai playoff antarbenua melawan Honduras.

Pemain Timnas Senegal

5 Tim Unggulan Ini Bernasib Tragis di Piala Afrika 2023, No 3 Nggak Nyangka Banget

Sejumlah kejutan terjadi di Piala Afrika 2023 yang digelar di Pantai Gading. Banyak tim unggulan yang sudah rontok dengan cepat. Siapa sajakah mereka?

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2024