Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 14:14 WIB
  • Menanti Gebrakan Dua Tim Debutan di Piala Dunia 2018

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami
Menanti Gebrakan Dua Tim Debutan di Piala Dunia 2018
Photo :
  • REUTERS/Carlos Lemos
Pemain dan pelatih Panama rayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018

VIVA.co.id –  Piala Dunia 2018, dipastikan akan berlangsung menarik. Selain tim-tim unggulan, kiprah dua tim debutan, Islandia yang Panama juga menarik untuk disimak.

Panama menjadi tim debutan terakhir yang berhasil melenggang ke Rusia. Kiprah mereka membuat negara langganan Piala Dunia, Amerika Serikat terpaksa gigit jari.

Seperti dilansir situs resmi FIFA, Panama mencatat sejarah, usai menaklukkan Kosta Rika 2-1, Rabu pagi WIB, 11 Oktober 2017. Hasil ini, sekaligus membuat Amerika Serikat gagal melenggang ke Piala Dunia, untuk kali pertama sejak 1986.

Panama sebenarnya sudah mampu menciptakan kejutan di Piala Emas CONCACAF 2011, dengan menembus semifinal. Dua tahun kemudian, Los Calaneros menembus final di ajang yang sama, sebelum kalah 0-1 dari Amerika Serikat.

Tim debutan lain yang akan tampil di Piala Dunia tahun depan adalah Islandia. Mereka mencatat sejarah sebagai negara terkecil yang lolos ke Piala Dunia, dengan penduduk 338.349 jiwa, per Januari 2017. Populasi di Islandia, tak berbeda jauh dengan Kota Banda Aceh. Banda Aceh memiliki jumlah penduduk 356.983 jiwa, berdasarkan sensus yang diadakan pada 2016.

Sensasi sudah ditunjukkan Islandia di Piala Eropa 2016 di Prancis. Berstatus tim debutan, mereka sukses menembus perempat final. Mereka sukses menyingkirkan tim kuat, Inggris di babak 16 besar.

Islandia kembali unjuk gigi dengan lolos ke Piala Dunia 2018. Tim berjuluk Our Boys ini sanggup menyisihkan Kroasia, Turki, dan Ukraina di babak kualifikasi. Islandia menjadi juara Grup I dengan 22 poin dari 10 laga. Kroasia yang menempati posisi dua, harus puas dengan jatah playoff.