Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 19:31 WIB
  • Robben: Masa Depan Cerah Menanti Belanda

  • Oleh
    • Pratama Yudha
Robben: Masa Depan Cerah Menanti Belanda
Photo :
  • REUTERS/Toussaint Kluiters
Tidak Lolos Piala Dunia 2018, Arjen Robben Pensiun

VIVA.co.id – Bintang timnas Belanda, Arjen Robben, tak bisa menyembunyikan kekecewaannya usai timnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, dia yakin The Oranje masih memiliki masa depan yang cerah.

Belanda gagal merebut tiket play off ke Piala Dunia 2018 meski menang 2-0 dari Swedia di laga pamungkas. Mereka kalah selisih gol dari Swedia.

Raihan negatif ini membuat Belanda mengulangi sejarah kelamnya yang terjadi 31 tahun lalu. Kala itu, The Oranje tak lolos ke Piala Dunia 1982. Berselang dua tahun, Belanda juga tak mentasdi Piala Eropa Prancis.

Ironisnya, pada 1986, Belanda kembali gagal melaju ke Piala Dunia di Meksiko. Dan kini hal itu kembali terulang setelah Belanda gagal tampil di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

"Jika Anda berada di sekolah, anak-anak yang bermain sepakbola akan memberikan segalanya untuk menang. Tentu muncul kekecewaan ketika Anda gagal. Tak masalah untuk merasa sedih, tapi masa depan yang cerah akan datang," ujar Robben dikutip Soccerway.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia membuat Robben akhirnya memutuskan untuk pensiun dari timnas. Pemain berkepala pelontos itu mundur setelah 14 tahun membela negaranya di pentas sepakbola internasional.