Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 00:20 WIB
  • 5 Kisah Fenomenal Tim Debutan Piala Dunia

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami
5 Kisah Fenomenal Tim Debutan Piala Dunia
Photo :
  • REUTERS
Timnas Islandia

VIVA.co.id – Sebanyak 23 tim telah memastikan tiket ke Piala Dunia 2018. Dari 23 negara tersebut, terselip dua negara yang berstatus debutan, yakni Islandia dan Panama.

Panama mencatat sejarah, usai menaklukkan Kosta Rika 2-1, Rabu pagi WIB, 11 Oktober 2017. Hasil ini, sekaligus membuat Amerika Serikat gagal melenggang ke Piala Dunia, untuk kali pertama sejak 1986.

Tim debutan lain yang akan tampil di Piala Dunia tahun depan adalah Islandia. Mereka mencatat sejarah sebagai negara terkecil yang lolos ke Piala Dunia, dengan penduduk 338.349 jiwa, per Januari 2017. 

Populasi di Islandia, tak berbeda jauh dengan Kota Banda Aceh. Banda Aceh memiliki jumlah penduduk 356.983 jiwa, berdasarkan sensus yang diadakan pada 2016.

Sampai sejauh mana Panama dan Islandia akan melangkah di Piala Dunia nanti? Bukan tak mungkin mereka bisa menciptakan kejutan. Sebab, sudah banyak tim debutan yang mampu tampil fenomenal di Piala Dunia.

Berikut 5 kisah fenomenal tim debutan Piala Dunia, seperti dilansir Soccerway:

1. Wales: perempat final Piala Dunia 1958
Lolosnya Wales ke Piala Dunia 1958 sebenarnya berbau keberuntungan. Sudan dan Belgia yang seharusnya tampil di playoff antarbenua, menolak tampil melawan Israel karena alasan politis. Akhirnya, Wales melaju ke Piala Dunia di Swedia, usai menundukkan Israel dengan agregat 4-0.

Wales yang berstatus debutan, akhirnya mampu unjuk gigi. The Dragons menaklukkan finalis Piala Dunia 1954, Hungaria 2-1. Wales melaju ke perempat final, sebelum dikalahkan Brasil 0-1 lewat gol tunggal Pele.