Eksperimen Gagal Conte terhadap David Luiz

Bek Chelsea, David Luiz, rayakan gol
Sumber :
  • Reuters/Andrew Boyers

VIVA – Manajer Chelsea, Antonio Conte, melakukan eksperimen dalam skema 3-5-2 miliknya ketika laga melawan AS Roma pada matchday 3 Liga Champions, Rabu, 18 Oktober 2017 atau Kamis dini hari WIB. Conte menempatkan David Luiz sebagai gelandang dalam duel tersebut.

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Alasan utama Conte menempatkan Luiz sebagai gelandang adalah untuk mengisi lubang yang ditinggalkan N'Golo Kante. Selama ini, Kante bisa menjadi perisai bagi lini belakang Chelsea.

Selain itu, Kante juga mampu memberikan dukungan terhadap kinerja pemain depan Chelsea. Conte merasa Luiz punya karakter yang sama.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Tapi, kenyataan bicara sebaliknya. Luiz tak cukup cakap mengemban tugas sebagai gelandang pekerja dalam skema 3-5-2.

"Kami sengsara di babak pertama. Dan, keputusan mengubah sistem ternyata tak berjalan baik. Kami pun harus menerima risikonya. Saya mengubah posisi Luiz untuk memperkuat lini tengah. Saya akui tak bekerja dengan baik," kata Conte dilansir Soccerway.

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan

Conte mengungkapkan, tak maksimalnya peran Luiz sebagai gelandang adalah karena kondisi fisik sang pemain. Diketahui, di pertengahan laga, pemain berambut kribo tersebut mengalami masalah pada betisnya.

"Saya berharap tak ada yang serius. Selain Luiz, Tiemoue Bakayoko juga bermasalah di adductornya," terang eks pelatih Juventus itu. (ase)

Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024