Selamatkan Nyawa Lawan, Pemain Ini Dapat Penghargaan FIFA

Pemain Togo, Francis Kone meraih FIFA Fair Play Award
Sumber :
  • http://www.fifa.com

VIVA –  Sepakbola bukan hanya soal kalah dan menang. Terkadang, ada hal yang lebih penting dibandingkan kemenangan dalam sebuah pertandingan.

Lionel Messi Pilih Erling Haaland, Berikut Pilihan Bintang Dunia di Pemain Terbaik FIFA 2023

Hal tersebut dilakukan oleh pemain asal Togo, Francis Kone. Pemain yang kini memperkuat tim Republik Ceko, Zbrojovka Brno, ini melakukan hal terpuji yang membuat banyak orang berdecak kagum.

Seperti dilansir Mirror, pada Februari 2017 lalu, Kone yang masih membela Slovacko menghadapi Bohemians 1905, dalam lanjutan Liga Republik Ceko. Dalam laga tersebut, kiper Bohemians, Martin Berkovec, tersungkur usai terlibat benturan dengan rekannya sendiri, Daniel Krch.

Sabet Pemain Terbaik FIFA, Lionel Messi Makin Tinggalkan Cristiano Ronaldo

Dalam situasi tersebut, Kone yang memberikan pertolongan pertama. Meski yang cedera adalah pemain lawan, tanpa ragu pemain 26 tahun menarik lidah di mulut Berkovec. Saat itu, Berkovec memang sudah menelan lidahnya.

Kontroversi Pemain Terbaik FIFA, Erling Haaland Dinilai Lebih Layak dari Lionel Messi

Tindakan menyelamatkan nyawa pemain lawan ini mendapatkan apresiasi tersendiri dari FIFA. Kone mendapatkan gelar Fair Play Award 2017 di malam penghargaan The Best FIFA Football Awards, Senin 23 Oktober 2017 atau Selasa dini hari WIB di London Palladium.

"Saya tak bisa diam saja, melihat seseorang tercekik, tanpa melakukan sesuatu. Saya tak bisa. Saya tak memikirkan soal itu (kawan atau lawan)," kata Kone seperti dilansir situs resmi FIFA.

Rupanya Kone bukan kali pertama melakukan tindakan penyelamatan di lapangan hijau. Sebelumnya, dia sudah melakukannya tiga kali, dua kali di Afrika dan sekali di Thailand. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya