Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 25 Oktober 2017 | 14:03 WIB
  • Kematian Kim Jong-nam Ganggu Kualifikasi Piala Asia 2019

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Kematian Kim Jong-nam Ganggu Kualifikasi Piala Asia 2019
Photo :
  • affsuzukicup.com
Timnas Malaysia merayakan gol di Piala AFF 2016

VIVA – Pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Asia 2019 antara Korea Utara melawam Malaysia terganggu situasi politik. Ketegangan diplomatik pemerintah kedua negara memaksa Federasi Sepakbola Asia (AFC) memindahkan lokasi pertandingan.

Dalam jadwal yang sudah disusun, Korea Utara akan bertindak sebagai tuan rumah pada 10 November 2017. Tiga hari berselang giliran Malaysia yang menjadi tim penjamu.

Kedua laga tersebut akan dihelat di Thailand, lokasi netral yang dipilih oleh AFC. Akan tetapi, stadion yang dipakai dan jam pertandingan akan menyusul diberitahukan nanti.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan Asosiasi Sepakbola Thailand (FAT), menyetujui untuk menjadi tuan rumah dua pertandingan ini," tutur Sekretaris Jenderal AFC, Dato’ Windsor John, dikutip dari laman resminya.

Ketegangan diplomatik antara Malaysia dan Korea Utara dipicu kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, pada 13 Februari 2017 lalu.

Pemerintah Korea Utara ketika itu mengkritik keras Malaysia yang dianggap tidak transparan dalam melakukan penyelidikan meninggalnya Jong-nam. Pria yang menghembuskan napas terakhir di usia 46 tahun itu diketahui sengaja diracun menggunakan gas VX yang mematikan. (one)