Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 19:43 WIB
  • Kalkulasi Menuju 16 Besar Liga Champions

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila
Kalkulasi Menuju 16 Besar Liga Champions
Photo :
  • Reuters / Stefan Wermuth
Gelandang Chelsea, Eden Hazard

VIVA – 11 klub berpotensi lolos lebih cepat ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka yang akan lolos bila menang dalam matchday 4 ini adalah, Manchester United, Basel, Paris Saint-Germain, Bayern Munich, Chelsea, Barcelona, Juventus, Manchester City, Besiktas, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Mereka kini berada di puncak atau runner up grup penyisihan. UEFA membagi tim yang lolos Liga Champions menjadi delapan grup. 

Berikut ini skenario lolos tim-tim besar ke babak 16 besar berdasarkan data dan statistik yang tersaji di situs resmi UEFA, Senin 30 Oktober 2017.

Manchester United dan Basel menjadi juara dan runner up grup A. MU yang kini mengantongi 9 poin akan melenggang ke babak berikutnya bila berhasil mengalahkan Benfica dan CSKA Moskow tak bisa mengalahkan Basel.

PSG akan mendapatkan tiket babak 16 besar bila berhasil mengalahkan Anderlecht dan Celtic tidak memetik kemenangan dari Bayern Munich. 

Bila PSG sukses membekap Anderlecht dan Bayern sukses mengalahkan Celtic, kedua tim ini dipastikan melenggang ke babak selanjutnya dari Grup B.

Grup C masih paling panas. Chelsea akan melenggang ke babak berikutnya bila berhasil menang atas AS Roma. Namun, ini berat mengingat mereka hanya bisa imbang saat laga digelar di kandang, Stamford Bridge.

Chelsea akan melawat ke Roma yang butuh kemenangan juga bila ingin lolos. Bila Roma menang dan Atletico Madrid juga memetik kemenangan atas Qarabag, penentuan siapa yang lolos sepertinya masih menunggu laga Matchday 5 dan 6.

Sementara itu dari Grup D, Barcelona dan Juventus tampaknya akan berbagi tempat ke babak berikutnya dengan catatan mereka meraih kemenangan pekan ini. Juventus akan melawan Olympiakos yang belum punya poin, dan Juventus yang kini mengemas 6 poin bisa menjadi runner up bila mengalahkan Sporting CP yang baru mengemas 3 poin.

Laga matchday 4 Grup A sampai Grup D akan digelar pada Rabu dini hari, 1 November 2017 WIB. Sementara laga Grup E sampai Grup H akan digelar pada Kamis dini hari 2 November 2017.

Matchday 4 di Grup E belum menjadi penentu siapa yang berhak ke babak 16 besar, tapi diprediksi akan menjadi ajang pencoretan Maribor. Maribor yang baru mengemas 1 poin akan melawan Liverpool yang di matchday 3 membantai mereka.

Bila Maribor kalah, persaingan tiga klub lainnya masih ketat mengingat saat ini Liverpool dan Spartak Moskow sama-sama mengemas 5 poin dan Sevilla 4 poin.

Manchester City akan melenggang sebagai juara  Grup F bila mereka terus melanjutkan reli kemenangan. Tapi bila Napoli berhasil menang, kemungkinan mereka lolos tetap besar, mungkin hanya menunda kepastian itu.

Sementara bila Napoli berhasil menang atas Manchester City persaingan perebutan tempat kedua dengan Shaktar Donetsk menjadi terbuka dan lebih sengit.

Di Grup G, Besiktas hanya butuh seri bila Leipzig yang kini menjadi runner up grup dengan mengemas 4 poin berhasil menaklukkan Porto. 

Monaco yang kini menjadi juru kunci masih punya peluang lolos bila bisa memetik kemenangan di matchday 5 dan 6 melawan Porto dan Leipzig.

Sementara di Grup H, Tottenham Hotspur dan Real Madrid akan saling bunuh untuk memastikan tiket pertama ke 16 besar. Tapi, bila Spurs vs Madrid berakhir imbang, dua tiket menjadi milik mereka karena Dortmund maupun APOEL yang kini mengemas 1 poin, susah mengejar lagi.