Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 10:15 WIB
  • Sering Sundul Bola, Eks Striker Top Inggris Kena Demensia?

  • Oleh
    • Zaky Al-Yamani
Sering Sundul Bola, Eks Striker Top Inggris Kena Demensia?
Photo :
  • Daily Mail
Mantan striker timnas Inggris, Alan Shearer.

VIVA – Mantan kapten timnas Inggris, Alan Shearer, khawatir terkena demensia karena kebiasaan menyundul bola saat masih aktif bermain sepakbola.

Demensia merupakan kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini bisa ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu.

Eks pemain berusia 47 tahun itu mencetak rekor di Liga Inggris dengan membukukan 260 gol selama 18 tahun berkarier.

Dia juga mencetak total 30 gol dari 63 penampilan bersama timnas Inggris. Tapi, kini dia mulai mencemaskan kesehatannya. Khususnya terkait kemampuan otaknya. 

"Saya kini memiliki ingatan buruk. Saya tak tahu kenapa," kata Shearer seperti dilansir Dailymail, Rabu 8 November 2017. Shearer dikabarkan sedang menjalani tes di lab terkait masalah ini.

"Dalam setiap gol yang saya cetak dengan kepala, saya rata-rata melakukannya 1.000 kali saat latihan. Mungkin itu ada kaitannya dengan masalah yang saya alami," jelasnya.

Shearer berharap ada penelitian yang bisa memecahkan masalah ini. Penelitian bisa dilakukan terhadap para mantan pemain yang sudah didiagnosa terkena demensia. 

"Para pemain membayangkan saat pensiun hanya akan memiliki masalah di lutut atau engkel. Tapi, mereka tak ada yang berpikir bermain bola juga bisa berkaitan dengan kerusakan kemampuan otak," jelas Shearer.

"Itulah alasannya penelitian harus dilakukan terkait masalah ini," lanjut Shearer. (one)