Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 12 November 2017 | 00:59 WIB
  • Gestur Mata Sipit Pemain Kolombia Picu Kemarahan Korsel

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Gestur Mata Sipit Pemain Kolombia Picu Kemarahan Korsel
Photo :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji
Pertandingan Korea Selatan vs Kolombia

VIVA – Laga uji coba antara Korea Selatan melawan Kolombia di Suwon Stadium, Jumat 10 November 2017 lalu meninggalkan polemik rasis. Penyebabnya muncul dari pemain tim tamu.

Gelandang Kolombia, Edwib Cardona bertindak tak menyenangkan kepada pemain Korsel. Dia menunjukkan gestur mata sipit ke pemain tim tuan rumah.

Tindakan itu kemudian viral di sosial media. Edwin dikecam karena telah membuat warga Korsel kecewa dan marah dengan gesturnya tersebut.

Pelatih Kolombia, Jose Pekerman mengaku tidak melihat insiden tersebut. Namun, dia menganggap hal tersebut bisa terjadi, mengingat jalannya pertandingan sangat ketat.

(Baca juga: Brasil Tekuk Jepang, Korsel Kalahkan Kolombia)

"Saya tidak melihat gestur, dan saya tidak bisa memberi komentar. Itu pertandingan yang menguras fisik. Apapun bisa terjadi selama pertandingan," ujar Pekerman, dikutip dari Mirror.

Sikap Edwin ini bisa saja menjadi bahan penyelidikan lanjutan FIFA. Diketahui, otoritas tertinggi sepakbola dunia itu tak mentolerir mereka yang melakukan tindakan rasisme di lapangan hijau.

Pertandingan uji coba itu sendiri berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Korsel. Striker asal klub Tottenham Hotspur, Son Heung-Min menyumbangkan dua gol untuk tim Negeri Gingseng.