Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 09:09 WIB
  • Usai Italia Tersingkir, Ventura Ajukan Pengunduran Diri

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Usai Italia Tersingkir, Ventura Ajukan Pengunduran Diri
Photo :
  • REUTERS/Max Rossi
Pelatih Italia, Giampiero Ventura

VIVA - Giampiero Ventura dikabarkan sudah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai pelatih timnas Italia. Ini menyusul kegagalan Gli Azzurri melaju ke putaran final Piala Dunia 2018.

Italia lolos ke Rusia usai dipaksa bermain imbang 0-0 dengan Swedia pada leg kedua playoff di San Siro, dini hari tadi WIB. Hasil tersebut memaksa Italia gagal bermain di Piala Dunia 2018 karena kalah agregat 0-1.

Capaian buruk ini membuat Gli Azzurri mengulangi tragedi serupa yang sempat terjadi pada 1958. Ventura dinilai menjadi sosok yang paling bertanggung jawab atas kegagalan Italia di ajang empat tahunan tersebut.

Dilaporkan Football-Italia, Ventura kabarnya sudah mengajukan resign. Media-media di Italia juga menyebut Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) akan mengumumkan pengunduran diri pelatih 69 tahun itu dalam waktu dekat ini.

Italia menunjuk Ventura untuk menggantikan Antonio Conte pada Juli 2016. Selama ditukangi eks pelatih Torino itu, Italia kurang menunjukkan penampilan maksimal dengan hanya meraih 10 kemenangan dari total dari total 17 laga Italia.

Kabarnya, Carlo Ancelotti menjadi kandidat kuat pengganti Ventura. Eks pelatih Real Madrid dan Bayern Munich itu dinilai sosok yang tepat untuk mengangkat kembali performa Italia. (mus)