Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 12:37 WIB
  • Italia Absen di Piala Dunia 2018, Loew Ikut Berduka

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Italia Absen di Piala Dunia 2018, Loew Ikut Berduka
Photo :
  • REUTERS/David W Cerny
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew.

VIVA -  Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, mengaku sedih dengan kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018. Dia menilai, Piala Dunia akan terasa berbeda dengan absennya Gli Azzurri di ajang empat tahunan tersebut.

Italia dipaksa bermain imbang 0-0 oleh Swedia pada leg kedua di San Siro. Hasil tersebut membuat Italia dipastikan absen di Rusia karena kalah agregat 0-1 dari Swedia.

Ini menjadi kali pertama dalam 60 tahun, Italia tidak akan mengikuti Piala Dunia. Loew mengakui, semua hal bisa terjadi, namun sangat disayangkan dengan absennya tim asuhan Giampiero Ventura tersebut.

"Kami tidak bisa memengaruhi undian. Segalanya bisa terjadi. Dalam kasus Italia, selamat untuk Swedia. Saya menonton pertandingannya, mereka bertahan dengan baik dan memberi segalanya," kata Loew dilansir Soccerway.

"Tapi saya pikir ini menyedihkan untuk Italia, karena untuk turnamen sebesar ini (Italia absen). Jika Jerman atau Prancis atau bahkan Brasil atau Argentina (yang absen), bagi saya ada sesuatu yang hilang tanpa Italia," ujarnya menambahkan.

Atas kegagalan Italia ini, para pemain seperti Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, dan Daniele De Rossi memutuskan pensiun. Loew pun menghormati keputusan para bintang Italia tersebut.

"Saya sangat respek untuk pemain-pemain itu, yang bukan hanya bermain untuk Juventus, tapi mereka yang juga bermain di tim nasional. Gianluigi Buffon -- respek tertinggi. (Leonardo) Bonucci atau juga (Daniele) De Rossi atau yang lainnya. Sungguh berkelas," ujarnya. (mus)