Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 16:17 WIB
  • Mantan Anggota 'PSSI' Argentina Tewas Bunuh Diri

  • Oleh
    • Radhitya Andriansyah
Mantan Anggota 'PSSI' Argentina Tewas Bunuh Diri
Photo :
  • FIFA.com
Lambang FIFA

VIVA – Kabar duka datang dari sepakbola Argentina. Mantan anggota Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Jorge Delhon, tewas mengenaskan. Delhon bunuh diri dengan menjatuhkan diri ke depan kereta api di kawasan Buenos Aires, Rabu 15 November 2017 waktu setempat.

Kabar tewasnya Delhon diberitakan dua surat kabar Argentina, Clarin dan La Nacion. Yang lebih ironis, Delhon merupakan salah satu terdakwa skandal suap dan korupsi.

Delhon dituduh menerima suap dan akan diadili di Pengadilan FIFA, yang akan dibuka di New York, Amerika Serikat, Minggu 19 November 2017. Delhon disebut menerima aliran dana suap terkait hak siar sepakbola. Selain Delhon, ada pula nama mantan anggota AFA lain yang juga terlibat yaitu Pablo Paladino.

Keterangan tersebut dilaporkan oleh Anggota Eksekutif AFA bidang pemasaran olahraga, Alejandro Burzaco. Burzaco yang juga merupakan tokoh penyiaran Argentina, menyebut jika perusahaannya membayar jutaan Dollar AS sebagai suap kepada anggota eksekutif Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) lewat Delhon.

Aktivitas suap kepada CONMEBOL disebut Burzaco sudah berlangsung lebih dari satu dekade. Burzaco sendiri sudah mengaku bersalah terkait kasus suap, korupsi, dan pencucian uang pada 2015 lalu.

Selain Delhon, ada tiga tokoh sepakbola Amerika Selatan yang juga akan diadili di New York. Jose Maria Marin, mantan ketua Federasi Sepakbola Brasil (CBF), mantan wakil Presiden FIFA, Juan Angel Napout, serta mantan ketua Federasi Sepakbola Peru (FPF), adalah ketiga tersangka kasus korupsi dan suap yang akan diadili di New York.