'Italia Gagal ke Piala Dunia 2018 karena Terlalu Sombong'

Wajah Lesu Pemain Timnas Italia
Sumber :
  • REUTERS/Max Rossi

VIVA - Eks pelatih timnas Italia, Arrigo Sacchi, sangat menyesalkan pasukan Gli Azzurri gagal ke Piala Dunia 2018. Dia menilai ini akibat Gianluigi Buffon cs terlalu sombong dan tak intropeksi diri.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Italia gagal ke Rusia usai disingkirkan Swedia pada babak playoff. Tim asuhan Giampiero Ventura itu kalah 0-1 di leg pertama, dan bermain imbang 0-0 pada leg kedua di San Siro.

Kegagalan ini menjadi kegagalan pertama Italia menembus Piala Dunia sejak tahun 1958 silam. Sacchi menilai kegagalan ini sebagai awal kebangkitan timnas Italia di masa mendatang.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

"Saya sangat menyesal, tapi kejadian ini bisa menghasilkan masa depan yang lebih baik esok. Dengan cara apa pun, kami perlu melihat keras-keras pada diri kami sendiri sehingga kami bisa membuat segala sesuatu yang tidak bekerja menjadi lebih jelas," ujar Sacchi kepada Gazzetta dello Sport.

Pelatih timnas Italia periode 1991–1996 ini menilai para pemain terlalu sombong dan sadar untuk berbenah. Dia juga melihat kegagalan Italia selalu dicari-cari dan menjadikan pelatih sebagai kambing hitam.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

"Namun, bila kita tak sombong dan lebih cepat sadar, kita seharusnya menyadari peringatan pada tahun 2010 dan 2014. Tapi sebagai gantinya, daripada memecahkan masalah, kita selalu mencari kambing hitam, dalam hal ini pelatih atau presiden federasi, dan semuanya akan tetap seperti sebelumnya," kata Sacchi.

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Keberhasilan Shin Tae-yong (STY) mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak 8 besar Piala Asia U23 tengah menjadi sorotan, bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024