Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 16 November 2017 | 11:00 WIB
  • 'Italia Gagal ke Piala Dunia 2018 karena Terlalu Sombong'

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
'Italia Gagal ke Piala Dunia 2018 karena Terlalu Sombong'
Photo :
  • REUTERS/Max Rossi
Wajah Lesu Pemain Timnas Italia

VIVA - Eks pelatih timnas Italia, Arrigo Sacchi, sangat menyesalkan pasukan Gli Azzurri gagal ke Piala Dunia 2018. Dia menilai ini akibat Gianluigi Buffon cs terlalu sombong dan tak intropeksi diri.

Italia gagal ke Rusia usai disingkirkan Swedia pada babak playoff. Tim asuhan Giampiero Ventura itu kalah 0-1 di leg pertama, dan bermain imbang 0-0 pada leg kedua di San Siro.

Kegagalan ini menjadi kegagalan pertama Italia menembus Piala Dunia sejak tahun 1958 silam. Sacchi menilai kegagalan ini sebagai awal kebangkitan timnas Italia di masa mendatang.

"Saya sangat menyesal, tapi kejadian ini bisa menghasilkan masa depan yang lebih baik esok. Dengan cara apa pun, kami perlu melihat keras-keras pada diri kami sendiri sehingga kami bisa membuat segala sesuatu yang tidak bekerja menjadi lebih jelas," ujar Sacchi kepada Gazzetta dello Sport.

Pelatih timnas Italia periode 1991–1996 ini menilai para pemain terlalu sombong dan sadar untuk berbenah. Dia juga melihat kegagalan Italia selalu dicari-cari dan menjadikan pelatih sebagai kambing hitam.

"Namun, bila kita tak sombong dan lebih cepat sadar, kita seharusnya menyadari peringatan pada tahun 2010 dan 2014. Tapi sebagai gantinya, daripada memecahkan masalah, kita selalu mencari kambing hitam, dalam hal ini pelatih atau presiden federasi, dan semuanya akan tetap seperti sebelumnya," kata Sacchi.