Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 20:19 WIB
  • Malaysia Khawatir dengan Ekspansi Pemain Indonesia

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Malaysia Khawatir dengan Ekspansi Pemain Indonesia
Photo :
Pemain Selangor FA, Andik Vermansah

VIVA – Liga Super Malaysia mengubah kebijakan kuota pemain asing. Untuk musim depan, akan ada lima pemain asing, yang satu di antaranya berasal dari Asia Tenggara.

Dengan adanya kebijakan tersebut, bermunculan kabar pemain asal Indonesia yang menjadi bidikan. Andik Vermansah, Evan Dimas Darmono, dan Ilham Udin Armayn adalah di antaranya.

(Baca juga: Bambang Pamungkas Masuk Daftar Pemain Asing Terbaik Malaysia)

Akan tetapi, kemunculan mereka menimbulkan kekhawatiran bagi publik Negeri Jiran. Mereka menganggap kebijakan pemain asing hanya akan membunuh karier pemain lokal.

"Sejarah membuktikan, dahulu Malaysia kuat tanpa seorang pun pemain asing. Tapi kenapa sekarang ditambah lagi," ujar mantan pemain tim nasional Malaysia, Bakri Ibni, kepada Sinar Harian.

"Kalau begini, secara tidak langsung sudah menutup peluang pemain lokal kita, jadi buat apa program pembangunan? Untuk jadi pemain kelas ketiga atau keempat?" imbuhnya.

(Baca juga: Andik Vermansah Laris Manis di Negeri Jiran)

Kebijakan yang diambil Liga Super Malaysia sama seperti yang dilakukan oleh Thailand. Akan tetapi baginya saat ini belum cocok, mengingat di Thailand kualitas perkembangan sepakbolanya sudah jauh di atas rata-rata.