Rahasia Gol Tendangan Bebas Legendaris Roberto Carlos

Free kick Roberto Carlos
Sumber :
  • youtube

VIVA – Mantan bek kiri timnas Brasil, Roberto Carlos menganalisa berbagai faktor yang membuat terciptanya salah satu gol tendangan bebas luarbiasa dalam sejarah sepakbola.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Gol tendangan bebas Carlos tersebut terjadi pada 3 Juni 1997 di Lyon, kala Brasil melawan Prancis di Tour de France (ajang pemanasan sebelum Piala Dunia 1998 di Prancis).

Bol tendangan bebas nan keras Carlos berjarak 30 meter, meliuk tajam melewati pagar hidup pemain Prancis. Bola selanjutnya masuk ke gawang. Kiper Prancis, Fabian Barthez hanya bisa melongo.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

"Saya masih ingat gol itu. Itu salah satu gol terpenting dalam hidup saya," kata Carlos kepada L'Equipe seperti dilansir Marca, Kamis 30 November 2017.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

"(sebelum menendang) Saya berdiri tepat di depan bola. Sehingga Barthez tidak tahu apa yang akan saya lakukan. Dia pasti menyangka saya akan menembak lurus," katanya.

Posisi Barthez yang tetap di tengah gawang membuat Carlos mengubah strategi. Selain itu, gol pun tercipta berkat bantuan angin yang jarang terjadi.

"Ketika saya melihat dia tidak bergerak, saya mengubah arah tubuh saya saat menendang. Saat saya menendang, bola melebar. Tapi angin mendorong bola ke arah gawang," katanya.

"Itu sebuah keajaiban. Sesuatu yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup," kata mantan pemain yang kini berprofesi sebagai pelatih itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya