Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 19:09 WIB
  • Jalan Terjal Bali United di Liga Champions Asia

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Jalan Terjal Bali United di Liga Champions Asia
Photo :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan
Pemain Bali United merayakan akhir musim Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta

VIVA – Bali United akan memulai petualangan di Liga Champions Asia 2018. Namun, mereka harus memulai dari babak kualifikasi awal.

Lawan pertama Bali United adalah klub asal Singapura, Tampines Rovers. Keduanya akan bentrok di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, pada 16 Januari 2018 mendatang.

(Baca juga: Bali United Panggil Kembali Pelatih yang Pernah Dipecat)

Andai klub berjuluk Serdadu Tridatu menang, mereka akan menemui lawan di kualifikasi kedua. Wakil Thailand, Chiangrai United, sudah menanti di kandangnya pada 23 Januari 2018.

Kemenangan atas Chiangrai tak langsung membawa Bali United masuk fase grup. Karena mereka harus menjalani kualifikasi ketiga melawan Shanghai SIPG pada 30 Januari 2018.

Shanghai bukanlah lawan yang mudah bagi Bali United. Karena klub Liga Super China itu diperkuat mantan gelandang Chelsea, Oscar.

Mengutip laman resmi Federasi Sepakbola Asia (AFC), jika Bali United behasil melampaui tiga pertandingan tersebut mereka akan masuk ke Grup F Liga Champions Asia.

Di dalamnya sudah berada Kawasaki Frontale (Jepang), Ulsan Hyundai (Korea Selatan), dan Melbourne Victory (Australia). Ketiganya adalah klub papan atas di kawasan Asia.

Dan jika ternyata Bali United gagal di kualifikasi awal, mereka akan terlempar ke Piala AFC 2018. Tempat mereka ada di Grup G bersama Yangon United (Myanmar), Philipines 2 (Filipina), dan wakil Vietnam, FLC Than Hoa atau Ha Noi.

(Baca juga: 2 Pemain Timnas U-19 Dikontrak Panjang oleh Bali United)

Bermain di level internasional ini, Bali United menanggung beban berat guna mengharumkan nama Indonesia. Sebab, jika mereka ke fase grup Liga Champions Asia, wakil Tanah Air di Piala AFC akan bertambah satu, yakni Madura United.

Sedangkan satu wakil Indonesia yang sudah pasti mentas di Piala AFC 2018 adalah Persija Jakarta. Mereka telah masuk di Grup H bersama Johor Darul Ta’zim (Malaysia), Song Lam Nghe An (Vietnam), dan wakil Singapura antara Tampines Rovers atau Geylang United. (ase)