Tips Menjaga Kebugaran Selama Puasa Versi Fisioterapis Timnas

Persiapan Timnas Indonesia Menghadapi Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Selama Ramadan, para pesepakbola di Indonesia tetap dihadapkan dengan agenda yang cukup ketat. Selain menjalankan tugas bersama klub mengikuti kompetisi, beberapa di antara mereka juga harus membela Timnas baik senior maupun junior.

Bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa, tentu tugas yang dijalankan akan terasa lebih berat. Kondisi fisik rentan melorot karena asupan makanan dan minuman yang berkurang dari hari biasanya.

Untuk mengantisipasi hal ini, fisioterapis tim nasional (timnas) Indonesia, Matias Ibo, pun coba memberikan tips dan trik agar para pemain mampu menjaga kebugarannya selama Ramadan. "Saya menganalisa ada tiga masalah yang akan dihadapi para pemain jika mereka berpuasa," kata Matias saat dihubungi VIVAbola baru-baru ini.

"Yang pertama kemungkinan dehidrasi, lalu kekurangan energi, dan kadar gula menurun. Selain itu, pasti tensi latihan yang mereka emban butuh daya ledak dan ketahanan tubuh lebih baik," sambungnya.

"Dari yang saya lihat ada dua solusinya. Pertama adalah kalau bisa latihan digelar malam hari, baik klub maupun Timnas. Kedua adalah latihan dipotong dengan skema satu jam sebelum puasa mereka sudah latihan lalu dilanjutkan setelah berbuka," beber Matias.

Menurut Matias, cara tersebut ampuh untuk mengatasi masalah fisik yang dialami oleh para pemain selama puasa. Namun, Matias tetap memberi catatan jika kedua cara itu diterapkan di dalam tim.

"Akan cukup ampuh karena mereka sudah dapat asupan gula saat berbuka. Tapi ingat, jangan makan yang berlebihan karena akan berdampak buruk," ungkap pria blasteran Swiss-Indonesia ini.

Untuk asupan makanan, Matias menganjurkan agar para pemain lebih mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi. Selain itu, para pemain juga diharapkan bisa mengatur pola istirahat selama Ramadan.

"Perbanyak makan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Lebih baik konsumsi madu, kurma atau coklat. Untuk pola istirahat, pemain harus pintar mengakalinya. Enam atau delapan jam per hari harus terpenuhi," jelas pria berusia 34 tahun tersebut.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Mau Booking Online Hotel Berbintang dan Tiket Pesawat Dengan Harga Superdiskon? Klik VIVAtravel http://viva.co.id/travel

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016