Juara Gothia Cup 2016, ASIOP Apacinti Dijamu Menpora

Menpora Imam Nahrawi (kiri) dan pemain ASIOP Apacinti.
Sumber :

VIVA.co.id – Usai tiba di Indonesia, dengan menyandang gelar juara U-15 Gothia Cup 2016 di Gothenburg, Swedia, tim ASIOP Apacinti diterima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Senin 25 Juli 2016.

5 Manfaat Bermain Sepakbola untuk Anak, Melatih Fisik Hingga Keterampilan Sosial

Menpora memberikan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi yang diraih oleh tim ASIOP. "Selamat untuk tim ASIOP atas perjuangan kalian," kata Imam Nahrawi.

"Ini adalah bukti bahwa Indonesia punya banyak talenta muda yang berkualitas, ASIOP mampu bersaing di level dunia," ujar Imam.

Sukses Digelar, Ribuan Anak Semarakkan MILO National Championship 2023

Menurut Menpora, dengan kemenangan ASIOP ini menjadi semangat baru tumbuhnya pesepakbola usia dini. “Kalau kita punya kemauan dan tekad untuk menjadi juara, kita akan berhasil. Dan, ini dibuktikan oleh ASIOP Apacinti,” kata dia.

 “Tentu ini menjadi kewajiban untuk kita semua, baik pemerintah maupun federasi dan masyarakat bahwa pembinaan usia dini mutlak  adanya. Baik itu kompetisi, atau turnamen di usia dini harus  dilakukan secara berjenjang,” lanjutnya.

Tahan Barcelona 2-2, Aksi Pemain U-12 Indonesia Curi Perhatian di Spanyol

Ke depan, Menpora meminta kita harus betul-betul memberikan ruang yang lebar bagi anak-anak untuk  terus berlatih dan bertanding, jangan selamanya harus duduk di kursi cadangan.

Sementara itu, Direktur ASIOP, Ade Prima Syarif mengaku bangga dengan pretasi yang diraih timnya di ajang ini. “Kami bersyukur, karena baru pertama kali ikut serta kami langsung berhasil menjadi yang terbaik. Bahkan, Egy Maulana Vikri menjadi pemain terbaik dengan mencetak 28 gol,” kata Ade.

Ade pun berharap, tim ASIOP U-15 ini bisa terus meningkatkan kualitas dan terus meraih prestasi di ajang-ajang berikutnya. “Kami berlatih tiga bulan, demi turnamen ini dan bisa juara di sini jelas menjadi mimpi yang menjadi kenyataan,” ujar dia.

Gothia Cup bukan kompetisi sembarangan. Pemain-pemain dunia seperti Andrea Pirlo, Xabi Alonso, hingga Zlatan Ibrahimovic sempat bermain di turnamen ini sewaktu muda. ASIOP Apacinti berhasil menyapu bersih 10 pertandingan tanpa sekali pun mengalami kekalahan. Tim ini pun mampu mencetak 45 gol dan hanya kebobolan delapan gol sepanjang turnamen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya