Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 18:10 WIB
  • Visi Aji Santoso Bikin Fondasi Tim Arema Kian Kuat

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa,
    • Bramono
Visi Aji Santoso Bikin Fondasi Tim Arema Kian Kuat
Photo :
  • Liga-Indonesia.id
Para pemain Arema merayakan gol

VIVA.co.id – Performa Arema FC di tangan Aji Santoso dinilai tengah mengalami perubahan. Fondasi tim ditata ulang, di mana Aji kini prioritaskan mencuatnya para talenta muda.

Skuat tak lagi seglamor saat masih menyandang nama Cronus. Meski ramuan Aji terbukti cukup efektif hingga laga keenam Liga 1 2017, tapi Aremania menuntut lebih.

Aji merapat ke Stadion Kanjuruhan, Malang, dengan tak sekadar bermodal lisensi kepelatihan dan reputasi mumpuni dalam sepakbola nasional. Ia datang lengkap dengan rumusan baru dan tak ingin manajemen klub melanjutkan kebiasaan jor-joran belanja pemain, namun memilih menguatkan Singo Edan dari akarnya.

Momen ini pun dirasa tepat, tatkala skenario Aji terdukung dengan terobosan PSSI dan regulasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang membuatnya leluasa bereksplorasi. Ke-18 klub kontestan Liga 1 2017 diwajibkan mengikat lima pemain U-23 dan tiga di antaranya diturunkan sebagai starter di setiap laga.

Mencuatnya pemain 22 tahun, Dedik Setiawan, jadi bukti paling mencolok efektivitas ramuan Aji dengan kemasan 3 gol dari 3 laga perdana Arema. Raihan 11 poin dari enam laga, Singo Edan kini tongkrongi urutan empat klasemen.

Arema FC hanya terpaut satu angka dari PS TNI dan Persib Bandung, serta berjarak dua angka dari PSM Makassar di puncak klasemen. Ketiga rivalnya tersebut masih dalam jangkauan usai kekalahan 0-1 di markas PSM dan diimbangi Madura United 1-1 di kandang.

Di empat laga lainnya, Aji persembahkan hasil positif bagi Arema FC. Mencuri satu poin pada laga pembuka di rumah Persib, menang 2-0 atas Bhayangkara FC 1-0 atas Persiba Balikpapan, dan 1-0 atas Barito Putera adalah bagian dari karya Aji menata ulang fondasi Arema FC.

Kokohnya benteng Arema FC bersama Aji juga layak diapresiasi. Sempat bukukan rekor clean sheet di empat laga beruntun, hingga kini gawang kawalan Kurnia Meiga paling sedikit kebobolan di antara 17 kontestan lain.

Arema FC & Data

Nama resmi: Arema Football Club
Julukan: Singo Edan
Berdiri: 1987
Kelompok suporter: Aremania, Aremanita
Homeground: Stadion Kanjuruhan, Malang
Pelatih kepala: Aji Santoso
Kapten tim: Johan Ahmad Farizi
Kompetisi: Liga 1 2017
Posisi hingga laga keenam: Urutan 4 klasemen
Poin: 11
Menang: 3
Imbang: 2
Kalah: 1


Skuat Arema FC

Penjaga gawang: Kurnia Meiga, Utam Rusdiana, Ahmad Ibnu Adam, Dwi Kuswanto

Belakang: Okky Derry Andryan, Jad Noureddine, Bagas Adi Nugroho, Johan Ahmad Farizi, Junda Irawan, Syaiful Indra Cahya, Benny Wahyudi, Arthur Cunha

Tengah: Dendi Santoso, Esteban Vizcarra, Arif Suyono, Ahmad Bustomi, Nasir, Hanif Abdurrauf, Sjahbandi, Dio Permana, J Pino, Hendro Siswanto, Fery Aman Saragih, Adam Alis Setyano

Depan: Dalmiansyah Matutu, Andrianto, Dedik Setiawan, M Rafli, Sunarto, Cristian Gonzáles
(one)