Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 01:10 WIB
  • 5 Pemain yang Nilai Jualnya Turun Drastis, Rooney Termasuk

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila
5 Pemain yang Nilai Jualnya Turun Drastis, Rooney Termasuk
Photo :
  • Reuters / Andrew Yates
Penyerang Manchester United, Wayne Rooney

VIVA.co.id – Kehidupan pemain sepakbola sangat dinamis. Hari ini menjadi pahlawan, esok mungkin saja dihina-dina suporter dianggap sebagai pecundang karena kekalahan yang dialami.

Kiprah pesepakbola dalam satu musim kompetisi yang ketat dengan jadwal yang padat membutuhkan tak hanya skill teknis di lapangan, tapi juga mental yang kuat dan juga gaya hidup sehat demi menjaga kebugaran.

Dalam satu musim kompetisi, segala kemungkinan bisa terjadi. Pemain yang di awal musim dielu-elukan sebagai pahlawan bisa saja terpuruk di akhir musim. 

Sebaliknya, tak sedikit pemain yang datang dengan sambutan ala kadarnya, tak begitu diperhitungkan, bisa menjadi bintang yang sinarnya paling terang.

Berikut ini daftar pemain yang nilai marketnya turun sebagaimana dilansir Sportskeeda berdasarkan data yang diolah dari Transfermarkt.

1. James Rodriguez, Real Madrid

Pada 2016, nilainya €80 juta, kini €50 juta. Artinya, nilai pasar penyerang Real Madrid itu turun €30 juta.

James direkrut Real Madrid setelah penampilan apiknya saat membela Kolombia di Piala Dunia 2014. Gol-gol cantik berhasil dia lesakkan ke gawang lawan. Dia meraih Sepatu Emas FIFA dalam turnamen yang digelar di Brasil itu.

Sayangnya, pamor James meredup dalam tim yang dihuni para bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. James bukan pilihan utama manajer Madrid, Zinedine Zidane. 


2. Mario Goetze, Borussia Dortmund

Nilai pasar pada 2016 €45 juta, kini €20 juta, alias turun €25 juta.

Goetze menjadi pahlawan Jerman mengangkat trofi Piala Dunia 2014. Golnya di ekstra time menyudahi perlawanan Argentina yang dihuni pemain bertabur bintang seperti Lionel Messi. 

Setelah kedatangan Pep Guardiola di Bayern Munich, Goetze mulai jarang dimainkan hingga kemudian kembali ke klub lamanya, Borussia Dortmund.

Kini Goetze harus berjuang melawan permasalahan metabolisme yang dideritanya. Alih-alih bersaing ketajaman mencetak gol, waktunya lebih banyak dihabiskan di ruang perawatan. 

Selanjutnya... Ada Wayne Rooney