Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 21 Juni 2017 | 00:06 WIB
  • Deretan Mega Bintang Terjerat Kasus Pajak Seperti Ronaldo

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila
Deretan Mega Bintang Terjerat Kasus Pajak Seperti Ronaldo
Photo :
  • Reuters/Sergio Perez
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan)

VIVA.co.id – Cristiano Ronaldo memanaskan bursa transfer, setelah berniat hengkang dari Real Madrid. Penuh amarah, pemain kunci Timnas Portugas itu menyatakan ingin pergi dari Real Madrid secepatnya.
 
Mega bintang bernomor punggung 7 itu ingin pergi, lantaran dijerat oleh otoritas Spanyol, dengan kasus dugaan penggelapan pajak. CR7 dituding mengemplang pajak hingga €14,7 juta, atau setara Rp217,9 miliar.

Kejaksaan Tinggi Madrid mengendus Ronaldo memiliki struktur bisnis ilegal sejak 2010, demi meraup keuntungan dari hak cipta dirinya.

Kasus tersebut, memang marak terjadi di Negeri Matador, dan pesepakbola menjadi salah satu sasaran empuk.

Berikut ini, deretan mega bintang yang tersangkut kasus seperti yang dialami Ronaldo:

1. Lionel Messi

Striker Barcelona, Lionel Messi.

Mega bintang Barcelona ini divonis bersalah atas kasus dugaan penggelapan pajak. Messi bersama ayahnya diduga terlibat penggelapan pajak yang dilakukan sejak 2007-2009, dengan nilai €4,1 juta, atau Rp60 miliar.

Bila kasus Ronaldo baru berjalan, Messi sudah sampai vonis. Pengailan Spanyol memutuskannya bersalah dan menghukum 21 bulan penjara, serta denda €2 juta (Rp30 miliar) dan ayahnya divonis 21 bulan penjara, serta denda €1,5 juta (Rp22 miliar).

Messi tentu saja mengajukan banding. Dan, berdasarkan hukum Spanyol, Messi bisa lolos dari hukuman penjara karena vonisnya di bawah dua tahun.

2. Neymar da Silva Junior