Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 16 September 2017 | 05:36 WIB
  • Strategi Cerdik Suporter FC Koeln 'Kuasai' Markas Arsenal

  • Oleh
    • Zaky Al-Yamani
Strategi Cerdik Suporter FC Koeln 'Kuasai' Markas Arsenal
Photo :
  • Reuters
Suasana penonton laga Liga Europa, Arsenal vs FC Koeln di Emirates Stadium.

VIVA.co.id – Kerusuhan suporter terjadi di sepakbola Eropa. Terjadi saat Arsenal menjamu FC Koln di Emirates Stadium, London di laga perdana Liga Europa, Jumat 15 September 2017.

Seperti dilansir Independent, kerusuhan terjadi di dalam dan luar stadion. Laga bahkan sempat akan dibatalkan, mengingat situasi dan kondisi yang tidak kondusif.

Arsenal sebelumnya menyediakan 3.000 tiket yang telah habis terjual untuk suporter tamu. Namun, jumlah itu tak menampung 20 ribu suporter Koln yang 'menyerbu' London.

Karena tak kebagian tiket, ribuan suporter Koeln menggunakan trik cerdas. Mereka membeli tiket khusus suporter tuan rumah dengan berpura-pura sebagai fans Arsenal.

Seperti dilansir Mirror, agar lolos dari pemeriksaan di pintu masuk, mereka sengaja memakai kostum Arsenal atau mengubah wallpaper hape dengan logo Arsenal.

Alhasil, Emirates Stadium lebih didominasi suporter Koeln. "Saya melihat lebih banyak fans Koeln dibanding Arsenal," kata penjaga area dalam stadion kepada Mirror.

"Fans tamu seharusnya berada di area K dan L. Tapi banyak fans asal Jerman yang memakai kostum Arsenal dan akhirnya berada di area fans Arsenal," jelasnya.

Laga ini sempat akan dibatalkan. Tapi akhirnya hanya ditunda sejam dari yang dijadwalkan. Ini demi menghindari kerusuhan yang akan semakin parah jika laga dibatalkan.

Sementara itu, laga ini berakhir 3-1 untuk kemenangan Arsenal. Sempat tertinggal di awal laga, Arsenal mampu bangkit dengan mencetak tiga gol di babak kedua. (ren)