Final Coppa Italia: Superioritas Juventus Atas Lazio

Selebrasi kemenangan para pemain Juventus.
Sumber :
  • REUTERS/Giorgio Perottino

VIVA.co.id - Duel seru akan tersaji pada final Coppa Italia di Stadio Olimpico dengan menghadirkan Juventus kontra Lazio, Kamis 18 Mei 2017 dini hari WIB. Mampukah Lazio menghadang superiotas Juventus?

Kisah Mualaf Paul Pogba, Menemukan Jati Diri dan Kedamaian dalam Islam

Laga ini menghadirkan tim yang sama-sama tengah terluka dalam laga terakhirnya di Serie A. Lazio kalah 2-3 saat melakoni laga tandang ke markas Fiorentina.

Sedangkan Juventus dipaksa menyerah 1-3 di markas AS Roma pada pekan ke-36. Hasil ini membuat I Bianconeri gagal mengunci gelar juara Serie A dengan cepat.

Prediksi Serie A: Juventus vs Genoa

"Kekalahan ini harus menjadi pelajaran buat kami. Ketika sudah di fase terakhir kompetisi, kami tidak boleh kehilangan poin seperti ini. Sebab ini sangat berisiko," ujar bek Juventus, Leonardo Bonucci di situs resmi klub.

Akan tetapi, setidaknya Juventus bisa lebih dulu mengunci gelar juara di Coppa Italia. Tim asuhan Massimiliano Allegri itu memang berpeluang menutup musim ini dengan treble winner, dua peluang lainnya ada di Serie A dan Liga Champions.

Bintang USMNT Segera Merapat ke Old Trafford

Juventus Favorit

Lazio memang tak difavoritkan pada lagi ini, terlebih mereka memiliki rekor cukup buruk melawan Juventus. Si Elang Biru tak pernah menang atas Juventus dalam 13 pertemuan terakhirnya di semua kompetisi.

Termasuk, menelan sembilan kekalahan berturut-turut. Selain itu, Lazio hanya mampu mencetak satu gol  ke gawang Juventus dalam tujuh pertemuan terakhirnya, dan sudah kebobolan 12 gol.

Walau , bukan berarti Juventus menganggap enteng duel ini. Gelandang I Bianconeri, Tomas Rincon, menilai Lazio sedang tampil baik dan memiliki pemain yang bisa membahayakan gawang Gianluigi Buffon.

"Lazio sedang tampil sangat bagus di liga dan kami perlu memberi segala yang kami punya. Mereka punya beberapa pemain depan yang sangat cepat, yang sangat berbahaya dalam situasi satu lawan satu," ujar Rincon dilansir Football-Italia.

"Secara umum, mereka sedang menjalani musim yang sangat baik dan mereka di final. Jadi mereka pantas mendapatkan respek yang besar," lanjutnya.

Sementara itu, Lazio sendiri tidak akan menyerah begitu saja kepada Juventus. Direktur Olahraga Lazio, Igli Tare, menegaskan bila klubnya siap memberikan kejutan kepada Juventus dalam laga yang berlangsung di markas mereka ini.

"Lazio akan main dengan menyadari sudah jadi tim yang sudah jauh tumbuh musim ini. Kami tidak menghadapi laga nanti dengan kendala, kami main di kandang sendiri walaupun Juve saat ini tak diragukan lagi tim terbaik di Eropa," kata Tare.

"Kami sendiri sudah mampu membuat kejutan. Kami juga telah melangkah jauh demi trofi ini," tuturnya, dilansir Football-Italia.

Data Fakta Pertandingan

Final Coppa Italia kali ini akan dipimpin oleh wasit Paolo Tagliavento. Pengadil pertandingan ini, ternyata memiliki catatan yang kurang baik bagi Juventus ataupun Lazio.

Dilansir Transfermarkt, Tagliavento sudah 26 kali memimpin pertandingan yang melibatkan Bianconeri. Juventus sejauh ini baru mengalami 11 kemenangan, 5 kali imbang, dan 10 kekalahan saat dipimpinnya.

Sedangkan Biancoceleste meraih 11 kemenangan, empat imbang, dan 13 kekalahan dari 28 kali dipimpin Tagliavento. Lalu bagaimana soal hadiah penalti yang diberikan oleh wasit berusia 44 tahun ini?

Juventus sejauh ini baru empat kali mendapat penalti dan tujuh kali dihukum penalti. Sementara itu, Lazio mendapat delapan penalti dan enam kali dihukum penalti.

Masih banyak fakta menarik lainnya dari duel keduanya di Stadio Olimpico nanti. Berikut beberapa data fakta menarik yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Juventus selalu menang di 9 pertemuan terakhir kontra Lazio di semua kompetisi

2. Juventus selalu menyingkirkan Lazio di ajang Coppa Italia selama dua tahun terakhir

3. Juventus selalu mencatatkan clean sheets di enam pertemuan terakhir melawan Lazio

4. Lazio sedikitnya mencetak 2 gol di empat pertandingan terakhir mereka di Coppa Italia

5. Lazio hanya mencatatkan 1 clean sheets di ajang Coppa Italia musim ini

6. Paulo Dybala adalah pencetak gol terbanyak sementara di Coppa Italia musim ini [4 gol]

7. Baik Juventus dan Lazio sama-sama mencetak 12 gol di empat pertandingan Coppa Italia terakhir mereka

8.  Juventus merupakan tim dengan trofi Coppa Italia terbanyak sepanjang sejarah [11 Trofi].

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya