Lika-liku Saga Transfer Manchester United

Selebrasi gol Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Manchester United menjadi salah satu tim yang cukup dinantikan dalam setiap jendela transfer. Kini, saga transfer Setan Merah cukup berliku dalam menggaet pemain bintang ke Old Trafford.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Setidaknya ada lima pemain yang tengah dikaitkan dengan tim asuhan Jose Mourinho. Mereka adalah Antoine Griezmann, James Rodriguez, Alvaro Morata, Andrea Belotti dan Cristiano Ronaldo.

Untuk Griezmann, MU sudah dipastikan tidak bakal bisa memboyongnya dari Atletico Madrid. Striker asal Prancis tersebut memutuskan perpanjang kontrak bersama Los Rojiblancos hingga 2022.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Keputusan Griezmann tak lepas dari hukuman Atletico yang tak boleh mendatangkan pemain dari FIFA. Eks pemain Real Sociedad padahal sebelumnya diharapkan bisa mempertajam lini depan MU, menggantikan peran Zlatan Ibrahimovic.

Tim asuhan Jose Mourinho langsung mengalihkan target kepada bintang Madrid, Rodriguez dan Morata. Terlebih keduanya memang tengah kesulitan menembus skuat utama Los Blancos.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

"Alvaro cocok di mana saja. Kami tahu talentanya sejak dia bersama kami di usia 19 tahun dan saya tahu dia sejak dia 17 tahun, karena dia tampil di Piala Dunia U-17 di Nigeria," kata eks asisten pelatih Madrid, Arturo Karanka kepada Cadena Ser.

"Alvaro adalah pemain klasik yang bisa cocok di mana saja. Dia punya segalanya. Tahun-tahun yang dihabiskannya di Juventus bagus untuk mematangkannya. Untuk Premier League, dia adalah pemain yang spektakuler," imbuhnya.

Sedangkan untuk Belotti belum "lampu hijau" dari pihak Torino, tempat Belotti bermain saat ini. Hal ini dikatakan langsung oleh petinggi Il Toro (julukan Torino), Urban Cairo.

"Kami memiliki kesepakatan kontrak hingga tahun 2021. Saya tahu itu bukan sebuah pemberian, tapi kesepakatan yang lahir alamiah karena hubungan baik kami," kata Cairo, dikutip Daily Star.

"Jelas ini membuat kami senang, saya ingin dia terus bertahan. Tidak, tidak ada klub yang mengontak kami, baik itu Paris Saint Germain, AC Milan atau Manchester United," tuturnya.

Kesepakatan kontrak ini membuat klausul pelepasan sang pemain bernilai 87,5 juta pound. Belotti adalah mesin gol bagi Torino, di mana dia mencetak 28 gol dari 38 pertandingan.

Comeback Ronaldo?

Isu kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid mulai menyeruak usai tersandung kasus pajak senilai Rp219 miliar. Ronaldo dikabarkan bakal meninggalkan Santiago Bernabeu.

Tim-tim besar Eropa langsung bergerak untuk mencoba mendapatkan jasa pemain asal Portugal tersebut. Mengingat mahalnya harga Ronaldo, hanya beberapa tim yang berpeluang mendapatkannya.

Namun, Manchester United menjadi yang terdepan untuk mendapatkannya. Mengingat Ronaldo memiliki hubungan baik dengan eks klubnya itu, suporter Setan Merah pun berharap dia kembali.

Akan tetapi, media Spanyol, Diario Gol,  menyebut Jose Mourinho selaku manajer MU justru tak setuju dengan ide mendaratkan kembali Ronaldo ke Old Trafford.

Menurut mantan manajer Chelsea, kembalinya Ronaldo ke MU akan menjadi sebuah langkah mundur bagi klub tersukses di Inggris itu. Maka itu, dia tak ingin jika sampai bekerja sama dengan pemain 32 tahun.

Usut punya usut, ternyata alasan itu bukan yang utama bagi Mourinho untuk menolak Ronaldo. Diketahui, keduanya memiliki hubungan yang buruk saat Mourinho menangani Los Blancos pada 2010 hingga 2013.

Madrid Menolak MU

 Real Madrid akhirnya mengeluarkan pernyataan atas beberapa pemainnya yang masuk dalam bursa transfer. Presiden El Real, Florentino Perez, mengatakan bila Cristiano Ronaldo bakal dilepas bila ada yang sanggup membayar Rp14 triliun.

"Saya belum bicara dengan Ronaldo, tetapi saya akan segera melakukannya," kata Perez kepada kepada Onda Cero.

"Namun, kami punya kontrak klausul buyout sebesar 1 miliar euro (sekitar 14 triliun). Jadi, jika ada tim yang membayar kurang dari itu, Ronaldo tidak akan pergi," ujarnya.

Hal serupa juga diberlakukan untuk James Rodriguez dan Alavaro Morata yang masuk bidikan Manchester United. Dia mengatakan pihak klub tidak menerima tawaran apa pun dari pihak MU perihal transfer pemain.

"Kami tidak menerima penawaran dari siapa pun di musim panas ini. Tidak untuk Cristiano, tidak untuk Morata dan tidak untuk James," kata Perez, dikutip The Sun.

Kabarnya, MU sudah memberikan tawaran sebesar 75 juta euro kepada Madrid untuk Morata. Akan tetapi, Perez menyatakan bahwa belum ada tawaran apapun dari MU dan Morata tidak akan pergi meninggalkan tim asuhan Zinedine Zidane.

"Saya pikir dia bahkan tidak akan pergi sama sekali. Tidak ada orang yang menginginkan Morata pergi," kata Perez, seperti dilansir Soccerway.

"Saya belum berbicara dengan dia ataupun ayah dia. Kami bahagia. Saya membaca bahwa ada kesepakatan sebesar 75 juta euro, tapi tidak ada apa-apa kok," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya