Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 05:56 WIB
  • Titik Nadir Perjalanan Belanda Menuju Piala Dunia 2018

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Titik Nadir Perjalanan Belanda Menuju Piala Dunia 2018
Photo :
  • REUTERS
Pemain Timnas Belanda.

VIVA.co.id - Ketatnya persaingan di babak kualifikasi Grup A Piala Dunia 2018 membuat jalan Belanda ke Rusia berada di titik nadir. Mereka bukan cuma harus sekedar di laga penentuan nanti.

Kemenangan Belanda dengan skor 3-1 atas Belarusia pada matchday ke-19 seolah tidak berarti. Sebab, peluang mereka untuk bisa melaju ke Rusia masih cukup sulit karena di tempat lain Swedia menang 8-0 atas Luksemburg.

Hasil itu membuat tim asuhan Dick Advocaat tersebut berada di posisi tiga klasemen Grup A dengan 16 poin. Mereka tertinggal tiga poin dari Swedia yang berada di posisi kedua dan unggul jumlah gol dari Belanda.

Keduanya akan bentrok di Amsterdam Arena pada laga terakhir Grup A, Rabu 11 Oktober 2017 dini hari WIB. Misi sulit bakal dihadapi oleh Belanda karena mereka harus bisa menang dengan skor minimal 7-0 untuk bisa melaju lewat playoff.

Jika Belanda menang dengan selisih tujuh gol, maka akan mencatatkan selisih gol 14, sedangkan Swedia menjadi 12. Namun, Arjen Robben menilai sungguh mustahil bagi Belanda untuk bisa mewujudkan kemenangan.

"Ini sakit, sayangnya bagian dari olahraga. Setelah hasil Swedia, Anda tidak dapat melakukan hal lain selain bermain habis-habisan," ujar Robben dilansir FourFourTwo.

"Kami akan menjamu Swedia, kemenangan 7-0 di kandang melawan Swedia mustahil didapatkan. Ketika Anda mendengar Swedia menang 8-0, itu adalah pukulan besar bagi kami, di babak pertama kami tidak punya banyak peluang," sambung winger Belanda ini.

Apabila Belanda gagal melaju ke Piala Dunia 2018, maka akan menjadi mimpi buruk bagi Negeri Kincir Angin tersebut. Sebab, Belanda juga pernah absen  di Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.