Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 12 Oktober 2017 | 05:22 WIB
  • Drama Argentina Menuju Piala Dunia

  • Oleh
    • Zaky Al-Yamani
Drama Argentina Menuju Piala Dunia
Photo :
  • REUTERS/Rodrigo Garrido
Pemain Argentina, Lionel Messi (kanan).

VIVA.co.id – Kisah dramatis dihadirkan timnas Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Sempat terseok-seok, Argentina akhirnya lolos ke Piala Dunia 2018.

Start buruk langsung ditunjukkan Argentina di awal kualifikasi. Mereka gagal menang di tiga pertandingan pertama (1 kalah dan 2 imbang) pada Oktober 2015 silam.

Sempat tampil impresif dengan kemenangan beruntun di empat laga berikutnya, Tim Tango kembali terseok-seok setelah gagal menang di empat laga lanjutan.

Puncak performa buruk Argentina terjadi di empat dari lima laga terakhir kualifikasi periode Maret hingga Oktober 2017. Argentina gagal menang di empat laga.

Ketika sang rival, Brasil sudah memastikan satu tiket ke Piala Dunia sejak jauh-jauh hari, Argentina masih berkutat di papan tengah klasemen sementara.

Spekulasi segera bermunculan soal peluang Argentina bakal absen di Piala Dunia 2018. Publik cemas membayangkan Piala Dunia tanpa Argentina dan Messi.

Seperti diketahui, Argentina menjadi salah satu tim kiat dunia yang sudah pernah dua kali juara dunia. Sehingga Piala Dunia akan hambar jika tidak ada Argentina.

Apalagi ahli marketing, Marcel Knobil, mengatakan, turnamen sepakbola mirip dengan film. FIFA terancam rugi jika tim seperti Argentina gagal lolos ke Piala Dunia.

"Seperti film yang membutuhkan nama besar sebagai pemikat, sepakbola juga sama. Itu faktor yang harus diwaspadai," kata Knobil dilansir Mirror.

"Minimnya nama-nama besar bakal membuat perubahan kerja sama dari sponsor. Dan ini akibatnya akan membuat FIFA rugi ratusan juta poundsterling," jelasnya.

Agar lolos, Argentina terpaksa melakoni laga 'hidup-mati' melawan Ekuador di laga terakhir kualifikasi, Rabu 11 Oktober 2017. Argentina wajib menang di laga ini.

Drama pun terjadi. Lionel Messi yang gagal mencetak gol di empat laga terakhir Argentina, mengamuk dengan mencetak hattrick. Argentina menang 3-1.

Dengan kemenangan ini, Argentina lolos ke Piala Dunia 2018 dengan status peringkat tiga klasemen akhir kualifikasi dengan koleksi 28 poin dari total 18 laga. 

Selanjutnya: Peran Sentral Messi