Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 05:36 WIB
  • Liga-liga Eropa Langsung 'Panas' Usai Jeda Internasional

  • Oleh
    • Muchamad Syuhada
Liga-liga Eropa Langsung 'Panas' Usai Jeda Internasional
Photo :
  • Reuters/Jason Cairnduff
Gelandang Manchester United, Juan Mata rayakan gol.

VIVA.co.id – Kualifikasi Piala Dunia 2018 sudah lewat, khususnya di zona Eropaa. Sejumlah tim pun telah memastikan langkah menuju Rusia tahun depan, meski belum lengkap karena masih ada empat tiket sisa yang diperebutkan melalui jalur paly off.

Tentu akhir pekan ini perhatian publik akan kembali pada kompetisi domestik. Dan ternyata, selepas jeda internasional banyak pertandingan panas yang digelar di berbagai liga

Beberapa pertandingan itu adalah Liverpool vs Manchester United, Derby Milan, dan Atletico Madrid melawan Barcelona.

Liverpool vs MU

Mungkin ini merupakan pertandingan terpanas. Dua jawara Premier League ini akan saling 'tikam' di Anfield.

Seperti yang sudah-sudah, duel The Reds melawan 'Setan Merah' adalah partai sarat gengsi, sebagai dua tim tersukses di Inggris.

Bicara performa, MU sedikit di atas angin jelang pertandingan. Mereka diketahui bertengger posisi dua klasemen dengan koleksi 19 poin, hanya terpaut jumlah gol dengan sang pemuncak Manchester City.

Sementara, Liverpool kini baru mulai bangkit lagi usai beberapa pekan silam dibantai The Citizens lima gol tanpa balas. Tim asuhan Juergen Klopp duduk di posisi tujuh klasemen dengan 12 poin.

Cuma yang agak unik adalah komentar dari manajer MU, Jose Mourinho. Dia tidak menganggap pertandingan ini istimewa, karena memang tidak ada nilai tambah, selain merupakan perjuangan memburu tiga poin.

"Ini memperebutkan tiga poin, bukan empat poin. Jika kami memainkan laga yang bisa menentukan gelar, maka itu akan berarti lebih dari tiga poin. Kadang, hasil imbang atau kalah dengan selisih gol tertentu adalah penting," ucap Mourinho di situs resmi MU.

"Tapi dalam hal ini itu tidak penting. Ini hanya pertandingan memperebutkan tiga poin, begitu saya mendekati pertandingan lawan Liverpool," sambungnya.

Tetapi, Mourinho tak menampik bila dirinya sangat senang melawan Liverpool di Anfield. Eks pelatih Chelsea dan Real Madrid selalu kagum dengan atmosfer yang terjadi pada pertandingan ini.

"Apakah saya suka bermain di Anfield? Ya, saya suka. Apakah saya suka bermain melawan Liverpool? Ya, saya suka itu stadion yang luar biasa. Lawan yang terbaik. Tapi kami tetap mempersiapkan tim seperti biasa. Ini hanya sebuah pertandingan," katanya.

Italia Membara

Di Serie A, yang akan mendapatkan banyak sorotan adalah Derby Milan. Tapi di samping itu ada partai-partai besar lain yang tak kalah panas.

Contohnya laga antara Juventus melawan Lazio. Itu merupakan duel ulangan final Coppa Italia tahun kemarin, sekaligus partai Piala Super Italia.

Yang membuatnya kian seru, kedua kubu kini berada di posisi empat besar. Juventus merupakan runner up sementara, di bawah Napoli, sedangkan Lazio di tempat keempat.

Duel lain adalah AS Roma melawan Napoli. Ini juga merupakan pertarungan papan atas. Roma ada di posisi lima, sedangkan Napoli pemuncak klasemen.

Tentu salah satu yang paling ditunggu adalah Derby Italia. Inter Milan yang perlahan bangkit usai terpuruk dalam beberapa tahun belakangan, akan menjamu Milan yang juga sedang berupaya terjaga dari tidur panjangnya.

Debut Messi di Wanda Metropolitano

Partai panas tersaji di Spanyol akhir pekan ini. Barcelona akan menghadapi Atletico Madrid.

Itu akan menjadi debut bagi Barcelona di stadion anyar milik Los Colchoneros, Wanda Metropolitano. Yang akan menjadi perhatian sudah tentu sosok Lionel Messi.

Performa Messi kini tengah melejit dan mentalnya sedang bangkit. Apalagi pada tengah pekan dia baru saja membawa Timnas Argentina lolos dari lubang jarum, memastikan langkah ke putara final Piala Dunia 2018.

Menghadapi Atletico, Messi punya modal bagus. Dia telah mencetak 27 gol dalam 34 penampilan dalam partai itu, seperti dikutip Sport.

Bisa dibilang, Atletico merupakan salah satu lawan favorit bagi Messi. Tim lain yang paling banyak dibobolnya di LaLiga adalah Sevilla, 29 dan Real Madrid 24 gol.

Di kandang Atletico sebelumnya, Vicente Calderon, Messi mencetak 12 gol dalam 17 pertandingan. Lalu bagaimana dengan di stadion anyar? Kita tunggu saja.