Jalan Terjal Chelsea Menuju 16 Besar Liga Champions

Striker Chelsea, Alvaro Morata
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA – 11 tim siap mengamankan tiket babak selanjutnya di matchday 4 Liga Champions yang akan digelar Rabu dan Kamis dini hari, 1 dan 2 November 2017 WIB. Syaratnya, mereka memetik kemenangan dalam laga itu.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Manchester United dan Chelsea berpeluang menjadi wakil Premier League yang lolos duluan ke babak 16 besar bila dalam laga Rabu dini hari nanti berhasil menang.

Manchester United berpeluang besar karena lawannya kali ini sudah mereka kalahkan saat laga tandang. Giliran MU menjadi tuan rumah di Old Trafford diprediksi lebih mudah untuk memetik kemenangan.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

MU masih akan diperkuat dengan skuat yang sama saat tandang ke Benfica karena sejumlah pemain kunci seperti Paul Pogba dan Marouane Fellaini yang menepi karena cedera belum bisa tampil. 

Sementara itu, jalan terjal harus dilalui Chelsea yang akan melawat ke AS Roma Rabu dini hari nanti. Skuat Antonio Conte hanya mampu imbang saat laga digelar di Stamford Bridge.

Barcelona Cegah Xavi Pergi

Conte menegaskan, skuatnya datang dengan optimisme tinggi untuk melakoni laga tersebut. Tapi, ada satu hal yang dikhawatirkan oleh pria asal Italia itu saat bermain di Olimpico Stadium, markas Roma.

Conte khawatir apabila The Blues gagal meraih poin di markas Giallorossi. Sebab, Roma bukanlah tim yang mudah untuk ditaklukkan, bahkan semasa dia masih jadi pemain.

"Saya tahu laga ini akan berjalan sangat sulit bagi kami. Di pertemuan pertama saat kami bermain di kandang, saya pikir kami telah mendapatkan hasil bagus di akhir pertandingan dan kami ingin melakukan hal serupa di Roma," kata Conte dikutip London News.

"Sebagai pemain, terkadang saya menang dan terkadang saya kalah di sana. Hal serupa juga saya alami ketika melatih karena Roma adalah tim kuat, salah satu yang terbaik di Italia. Melawan mereka tak pernah berjalan dengan mudah," jelasnya.

Winger Chelsea, Pedro Rodriguez (kiri)

Kemenangan memang sangat dibutuhkan The Blues. Sebab, setelah melawan Roma, Chelsea kembali bertemu lawan berat karena harus menghadapi Manchester United. 

"Roma membuat saya terkesan di London. Mereka layak memenangkan pertandingan. Tapi, kali ini, kami bakal tampil berbeda setelah menang tiga kali beruntun. Saya rasa, Chelsea bakal lebih bersemangat," kata Morata pada Gazzetta dello Sport.

Dzeko tampil mencuri perhatian dalam pertemuan pertama melawan Chelsea. Pemain internasional Bosnia-Herzegovina ini mampu menyumbangkan dua gol.

"Dzeko? Dia pemain luar biasa. Gol pertamanya benar-benar berkelas. Saya selalu menyukai Dzeko. Dia seorang juara," tutur Morata.

AS Roma memang mau tampil habis-habisan saat menjamu Chelsea di Stadio Olimpico. Memori 2008, ketika Roma membekap Chelsea 3-1 dibangkitkan.

Eusebio Di Francesco, pelatih AS Roma, sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mewujudkan mimpi melangkah lebih jauh di Liga Champions. Radja Nainggolan diharapkan bisa tampil prima setelah disimpan saat Roma melibas Bologna di Serie A.

Selain Nainggolan, ada Edin Dzeko Stephan El Shaarawy, dan Alessandro Florenzi yang siap menangkal kekuatan Chelsea. Keraguan Di Francesco hanya pada bek kanan, Bruno Peres, yang diragukan bisa tampil atau tidak.

Pemain AS Roma, Edin Dzeko dan Aleksandar Kolarov, rayakan gol.

Kalkulasi Peluang 

Mereka yang akan lolos bila menang dalam matchday 4 ini adalah, Manchester United, Basel, Paris Saint-Germain, Bayern Munich, Chelsea, Barcelona, Juventus, Manchester City, Besiktas, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Mereka kini berada di puncak atau runner up grup penyisihan. UEFA membagi tim yang lolos Liga Champions menjadi delapan grup. Berikut ini skenario lolos tim-tim besar ke babak 16 besar.

Manchester United dan Basel menjadi juara dan runner up grup A. MU yang kini mengantongi 9 poin akan melenggang ke babak berikutnya bila berhasil mengalahkan Benfica dan CSKA Moskow tak bisa mengalahkan Basel.

PSG akan mendapatkan tiket babak 16 besar bila berhasil mengalahkan Anderlecht dan Celtic tidak memetik kemenangan dari Bayern Munich. 

Bila PSG sukses membekap Anderlecht dan Bayern sukses mengalahkan Celtic, kedua tim ini dipastikan melenggang ke babak selanjutnya dari Grup B.

Grup C masih paling panas. Chelsea akan melenggang ke babak berikutnya bila berhasil menang atas AS Roma. Namun, ini berat mengingat mereka hanya bisa imbang saat laga digelar di kandang, Stamford Bridge.

Chelsea akan melawat ke Roma yang butuh kemenangan juga bila ingin lolos. Bila Roma menang dan Atletico Madrid juga memetik kemenangan atas Qarabag, penentuan siapa yang lolos sepertinya masih menunggu laga Matchday 5 dan 6.

Sementara itu dari Grup D, Barcelona dan Juventus tampaknya akan berbagi tempat ke babak berikutnya dengan catatan mereka meraih kemenangan pekan ini. Juventus akan melawan Olympiakos yang belum punya poin, dan Juventus yang kini mengemas 6 poin bisa menjadi runner up bila mengalahkan Sporting CP yang baru mengemas 3 poin.

Striker Barcelona, Lionel Messi (kiri) rayakan gol

Laga matchday 4 Grup A sampai Grup D akan digelar pada Rabu dini hari, 1 November 2017 WIB. Sementara laga Grup E sampai Grup H akan digelar pada Kamis dini hari 2 November 2017.

Matchday 4 di Grup E belum menjadi penentu siapa yang berhak ke babak 16 besar, tapi diprediksi akan menjadi ajang pencoretan Maribor. Maribor yang baru mengemas 1 poin akan melawan Liverpool yang di matchday 3 membantai mereka.

Bila Maribor kalah, persaingan tiga klub lainnya masih ketat mengingat saat ini Liverpool dan Spartak Moskow sama-sama mengemas 5 poin dan Sevilla 4 poin.

Manchester City akan melenggang sebagai juara  Grup F bila mereka terus melanjutkan reli kemenangan. Tapi bila Napoli berhasil menang, kemungkinan mereka lolos tetap besar, mungkin hanya menunda kepastian itu.

Sementara bila Napoli berhasil menang atas Manchester City persaingan perebutan tempat kedua dengan Shaktar Donetsk menjadi terbuka dan lebih sengit.

Di Grup G, Besiktas hanya butuh seri bila Leipzig yang kini menjadi runner up grup dengan mengemas 4 poin berhasil menaklukkan Porto. 

Monaco yang kini menjadi juru kunci masih punya peluang lolos bila bisa memetik kemenangan di matchday 5 dan 6 melawan Porto dan Leipzig.

Sementara di Grup H, Tottenham Hotspur dan Real Madrid akan saling bunuh untuk memastikan tiket pertama ke 16 besar. Tapi, bila Spurs vs Madrid berakhir imbang, dua tiket menjadi milik mereka karena Dortmund maupun APOEL yang kini mengemas 1 poin, susah mengejar lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya