Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 13 November 2017 | 05:06 WIB
  • Jalan Terjal Italia Menuju Piala Dunia 2018

  • Oleh
    • Luzman Rifqi Karami
Jalan Terjal Italia Menuju Piala Dunia 2018
Photo :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
Para pemain Italia usai kekalahan dari Swedia

VIVA – Kejutan demi kejutan terjadi di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018. Beberapa tim besar gagal tampil di Rusia, dari mulai Belanda, Kamerun, Chile, Pantai Gading, dan juga Amerika Serikat.

Italia bisa saja menjadi tim besar teranyar yang gagal melangkah ke Rusia. Apalagi, Gli Azzurri meraih hasil minor di leg pertama playoff kontra Swedia, Sabtu dini hari WIB, 11 November 2017.

Swedia membuktikan sesumbar mereka, yang bisa tampil berbahaya meski tak diperkuat Zlatan Ibrahimovic yang sudah pensiun. The Blue Yellow menang tipis 1-0 di Friends Arena, lewat gol tunggal Jakob Johansson di menit 61.

Jalan terjal harus dilakoni Italia demi merebut satu tiket ke Rusia. Mereka wajib menang dengan skor minimal 2-0 saat menjamu Swedia di San Siro, Selasa dini hari WIB, 14 November 2017.

Pelatih Italia, Gian Piero Ventura sangat kecewa dengan kekalahan di markas Swedia. Dia menyebut Italia tidak pantas kalah, melihat keseluruhan permainan Italia di laga ini.

"Gianluigi Buffon (kiper Italia) bahkan tidak melakukan satu penyelamatan pun di laga ini," kata Ventura usai pertandingan seperti dilansir Soccerway.

"Kami menciptakan banyak peluang. Salah satunya membentur mistar gawang. Ini hasil yang tidak benar. Kami setidaknya pantas mendapat hasil imbang," keluh Ventura.

Sebenarnya peluang Italia untuk lolos tetap terbuka. Eks gelandang Italia, Andrea Pirlo punya cara jitu untuk menaklukkan Swedia di San Siro nanti.

Saya akan melakukan permainan menyerang, memainkan formasi 4-3-3 akan memberikan ruang untuk Insigne untuk mengambil langkah mencetak gol. Kami sering kehilangan bola ketika memainkan dua striker," kata Pirlo, seperti dilansir Football Italia

"Permainan melebar akan menekan mereka. Swedia pasti akan bermain bertahan di leg kedua nanti," lanjut eks pemain Juventus dan AC Milan ini.

Deja Vu 1958?