Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 17 November 2017 | 00:02 WIB
  • Bisa Apa Tim Debutan Piala Dunia 2018?

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila
Bisa Apa Tim Debutan Piala Dunia 2018?
Photo :
  • REUTERS/Mariana Bazo
Para pemain Peru rayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018

VIVA – Kemenangan Peru atas Selandia Baru menjadi akhir perebutan tiket Piala Dunia 2018. 32 negara sudah memastikan diri sebagai peserta gelaran akbar di Rusia pertengahan tahun depan itu.

Keberhasilan Peru ini menjadi momen bersejarah negeri itu. Ini kali pertama mereka bisa mendapatkan tempat di Piala Dunia sejak 1982.

Peru menjadi wakil Amerika Selatan yang ke-5, menyusul Brasil, Uruguay, Argentina, dan Kolombia.

Setelah kontestan lengkap, FIFA mengumumkan pembagian pot untuk pengundian. 32 negara peserta dibagi dalam empat pot.

Pembagian pot ini mengacu pada peringkat dunia FIFA edisi Oktober 2017. Rusia sebagai tuan rumah otomatis masuk dalam pot 1, setelah itu disusul berdasarkan peringkat FIFA.

Dua raksasa Eropa, Inggris dan Spanyol tak masuk dalam pot unggulan. Mereka tergabung di pot 2 dan bisa saja tergabung di "grup neraka" di Rusia nanti.

Ada peraturan khusus dalam undian nanti. Kecuali UEFA, negara yang berasal dari konfederasi yang sama tak bisa tergabung dalam satu grup.

Undian penyisihan grup akan berlangsung di State Kremlin Palace, Moskow, Rusia pada 1 Desember 2017. 

2 Debutan Piala Dunia 2018

Langkah 32 negara menuju Rusia tidaklah mudah. Ujian berat harus mereka lakoni di fase kualifikasi dan sebagian lagi masih harus melewati ujian tambahan berupa playoff.

Kejutan demi kejutan sudah muncul dalam fase itu. Ada tangis raksasa Italia dan Belanda. Di sisi lain ada tawa gembira debutan yang akhirnya bisa ikut Piala Dunia.

Panama dan Islandia menjadi dua peserta yang baru pertama kali mengikuti perhelatan akbar ini. 

Panama mencatat sejarah usai menaklukkan Kosta Rika 2-1. Hasil ini membuat Amerika Serikat gagal melenggang ke Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1986.