Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 05:19 WIB
  • Badai sudah Berlalu Real Madrid?

  • Oleh
    • Muchamad Syuhada
Badai sudah Berlalu Real Madrid?
Photo :
  • REUTERS/Alkis Konstantinidis
Pemain Real Madrid rayakan gol Cristiano Ronaldo

VIVA – Sempat dua kali tumbang beruntun dan bermain imbang dengan Atletico Madrid dalam empat pertandingan, Real Madrid sempat menuai kritik. Performa mereka disebut tengah kacau balau.

Apalagi, di klasemen LaLiga, Los Blancos pun kian tertinggal dari Barcelona yang menjadi pemuncak, serta Valencia yang menduduki posisi kedua. Mereka memiliki selisih 10 dan enam poin.

Tapi tengah pekan ini, Madrid berhasil bangkit. Mereka memperlihatkan identitasnya lagi sebagai juara Eropa dengan memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions, usai mengalahkan tim asal Siprus, APOEL Nicosia.

Enam gol tanpa balas, APOEL di permak Madrid di depan publiknya sendiri, Neo GSP Stadium. Cristiano Ronaldo menggila dengan mencetak dua gol serta satu assist. Hal yang sama dilakukan bomber andalan, Karim Benzema.

Opta melaporkan kemenangan 6-0 atas APOEL itu juga menjadi skor terbesar yang diraih Madrid dalam laga tandang di Liga Champions. Mengalahkan rekor kemenangan 6-1 atas Galatasaray dan Schalke 04 yang dicatat pada 2013/2014 silam.

Lewati Momen Buruk

Pelatih Zinedine Zidane menilai, kemenangan besar itu bukan karena lawan yang dihadapi Madrid lemah. Namun, memang performa tim asuhannya sudah membaik saat ini.

"Kami ada dalam situasi yang bagus, karena bermain dengan baik. Tentunya, tidak mudah untuk bisa mencetak enam gol dan bukan sesuatu yang tepat bila mengatakan hal itu terjadi, karena kami melawan tim yang lemah," kata Zidane.

Lebih lanjut Zidane mengatakan jika hasil yang didapatkan sekaligus membuktikan bila Madrid sanggup dan selalu mampu melewati momen buruk. Mereka tidak pernah panik menghadapi kondisi yang ada.

"Sejauh ini, kami tetap tenang. Kami tahu bahwa kami melalui sejumlah momen buruk, namun ada juga hal-hal baik yang kami dapatkan," tambah eks pemain Juventus itu.

Dipastikan lolos, namun Madrid hanya akan melaju dengan menyandang status runner-up Grup H. Mereka tidak mungkin lagi melangkahi Tottenham Hotspur di posisi puncak. Sebab poin maksimal yang bisa didapatkan adalah 13, dan mereka sudah kalah dalam perhitungan head to head.

Ronaldo Unjuk Gigi Lagi

Hal lain yang tak kalah penting dalam laga melawan APOEL adalah kembali mengganasnya dua penyerang Madrid, Ronaldo dan Benzema. Diketahui mereka sempat melempem dalam beberapa waktu dan tentunya tidak luput dari sasaran kritik.

Khusus buat Ronaldo, dua lesakan ke gawang APOEL membuatnya kian menajamkan rekor gol. Dia sukses menembus catatan 100 gol Eropa. Dengan rincian 98 di Liga Champions dan dua di Piala Super Eropa.

Eks pemain Manchester United itu hanya butuh 94 pertandingan untuk bisa mencapai rekor tersebut. Artinya, Ronaldo mencatat rata-rata 1,06 gol per laga.

Ronaldo masih memuncaki daftar top scorer Liga Champions musim ini dengan delapan gol. Pencapaian ini berbanding terbalik dengan situasnya di LaLiga, dimana baru mencetak satu gol dari delapan laga.

Atas penampilan apik dan torehan gol Ronaldo serta Benzema, Zidane sebagai pelatih mengaku senang. Pelatih asal Prancis tersebut mengatakan sejak awal memang sudah menaruh harapan besar serta yakin keduanya bisa kembali mendulang gol seperti sebelum-sebelumnya.

"Saya sangat gembira atas keberhasilan mereka dan pasti mereka akan terus bekerja keras setelah ini," ujar Zidane.

"Kami tahu bahwa gol dari Benzema dan Ronaldo pasti akan datang. Kami tahu bahwa mereka berdua adalah pemain yang sangat bagus," tutupnya.