Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 05:58 WIB
  • Kembalinya 3 Tim Perserikatan ke Kasta Tertinggi

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha
Kembalinya 3 Tim Perserikatan ke Kasta Tertinggi
Photo :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar
Selebrasi Pemain Persebaya Usai Juara di Final Liga 2

VIVA - Tiga tim perserikatan akan kembali meramaikan kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Persebaya, PSMS Medan dan PSIS Semarang akan bersaing sengt di kompetisi Liga 1 musim 2018 usai memastikan tiga tempat teratas di Liga 2 musim 2017.

Persebaya sendiri keluar sebagai juara Liga 2 usai mengalahkan PSMS Medan dalam laga final di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa 28 November 2017. Tim berjuluk Bajul Ijo itu mengunci kemenangan dengan skor 3-2.

Bukan perkara mudah bagi Persebaya mencapai titik ini. Tim kembangan warga Surabaya ini harus melewati jalan panjang terlebih dahulu, hingga sempat merasakan "tersandera" oleh PSSI karena mengikuti ajang Liga Primer Indonesia.

Kisruh selesai ketika  status Persebaya dipulihkan menjadi anggota PSSI pada Kongres PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu, 8 Januari 2017. Mereka akhirnya kembali ke Divisi Utama atau satu level di bawah kompetisi utama di Indonesia.

Langkah Persebaya sempat tersendat di awal musim Liga 2, manajemen akhirnya menunjuk Angel Alfredo Vera pada Mei 2017. Hingga akhirnya berhasil melewati setiap fase, hingga mencapai klimaksnya sebagai juara.

“Pertandingan berjalan menarik. Karena tim sama-sama kuat. Tapi semua ini karena pemain yang bekerja keras di lapangan,” ujar pelatih Angel Alfredo Vera usai pertandingan final kontra PSMS.

Pelatih PSMS, Djadjang Nurdjaman, mengakui memang sejak awal meminta anak asuhnya bermain menekan. Tetapi, faktor melemahnya fisik serta pergantian pemain Persebaya di babak kedua membuat arah permainan jadi berbeda.

“Pertandingan cukup berimbang tapi Persebaya menunjukkan kualitas terbaiknya. Selamat untuk Persebaya,” ujar eks pelatih Persib Bandung ini.

PSIS Hapus Dosa