Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 00:06 WIB
  • AC Milan Sambut Era Baru Bersama Gattuso

  • Oleh
    • Muchamad Syuhada
AC Milan Sambut Era Baru Bersama Gattuso
Photo :
  • Google Pictures
Pelatih anyar AC Milan, Gennaro Gattuso

VIVA – Yang ditakutkan Vincenzo Montella akhirnya terjadi juga. Dia didepak dari AC Milan.

Manajemen mengumumkan pemberhentian Montella pada awal pekan. Dia dianggap gagal membawa Rossoneri mencapai ekspektasi, khususnya setelah tidak mampu mengemas poin maksimal ketika menghadapi Torino.

Pihak Milan bukan asal memecat Montella. Mereka pastinya sudah menyiapkan langkah ke depan, termasuk menunjuk pelatih anyar.

Bersamaan dengan pemecatan Montella, Milan juga mengumumkan nama pelatih baru. Dan ternyata bukan orang jauh yang dipilih, dia adalah Gennaro Gattuso, legenda sekaligus pelatih skuat primavera.

Sosok Gattuso

Sekedar penegasan, Gattuso bukan sosok asing bagi Milan. 14 tahun lamanya dia mengabdi di San Siro sebagai pemain dan mempersembahkan banyak gelar, termasuk dua Scudetto dan dua gelar Liga Champions.

Meski begitu, sekarang Gattuso kembali dalam kapasitas berbeda. Mantan gelandang Timnas Italia tersebut tidak dituntut mengerahkan tenaganya di atas lapangan seperti dulu, melainkan keliahaian memutar otak untuk meracik strategi mumpuni.

Sayangnya, walau punya catatan lumayan panjang sebagai pelatih muda, namun dalam karier kepelatihan Gattuso belum memiliki prestasi. Malah, menilik trek rekornya, pria 39 tahun itu selalu dipecat.

Gattuso pertama kali dipecat dari jabatan pelatih Sion, klub yang terakhir dibelanya sebagai pemain. Dia membesut selama tiga bulan, hingga didepak pada 13 Mei 2013 usai klub asal Swiss itu kalah 0-5 dari FC St. Gallen.

Pada Juni 2014, Gattuso ditunjuk sebagai pelatih OFI Crete di Liga Yunani. Namun, perjalanan dari pemain berjuluk Si Badak itu cuma sampai akhir Desember 2014.

Kabarnya Gattuso memutuskan mundur setelah klubnya mengalami masalah keuangan. Namun, prestasi timnya saat dilatih Gattuso juga cuma mendapat lima kemenangan, tiga imbang, dan sembilan kekalahan.

Kemudian Gattuso melatih Pisa pada Agustus 2015 sampai Juni 2017. Gattuso malah membuat Pisa terdegradasi ke Serie C setelah menjadi juru kunci di Serie B 2016/2017.

Akhirnya, Milan memutuskan menarik Gattuso sebagai pelatih Primavera selang beberapa hari kemudian. Sejauh ini membawa tim Primavera duduk di posisi ketiga dengan poin 19 dari enam kemenangan, satu imbang, dan tiga kekalahan.

Rencana Gattuso

Berbicara dalam konferensi pers usai penunjukan sebagai pelatih, Gattuso mengaku sadar akan menanggung beban berat. Dia pun membeberkan rencana awal tim, salah satunya soal formasi yang bakalan diusung.

Mantan pemain yang sempat membawa Italia merebut Piala Dunia 2006 itu mengaku akan mempertahankan pola tiga bek. Dia juga tetap mempercayakan ban kapten kepada bek anyar, Leonardo Bonucci.

"Kami akan bermain dengan tiga bek. Saya punya hubungan baik dengan Montella, meski dalam beberapa konsep kami agak berbeda," kata Gattuso.

"Untuk kapten, tetap Bonucci. Saya sudah berbicara dengan delegasi tim dan mereka menyatakan ambisinya untuk tetap bekerja keras," ungkapnya.

Soal pemain yang membuatnya sangat tertarik untuk segera memulai kiprah sebagai pelatih Milan, tanpa ragu Gattuso menyebut nama Suso. "Saya penasaran dengan Suso, dia bisa bermain sebagai penyerang juga winger," bebernya.