Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 05:10 WIB
  • Misi Mustahil Atletico Madrid di Kandang Chelsea

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Misi Mustahil Atletico Madrid di Kandang Chelsea
Photo :
  • Reuters/Jason Cairnduff
Atletico Madrid saat melawan Chelsea.

VIVA – Atletico Madrid melawat ke Stamford Bridge, markas Chelsea dalam laga ke-6 Grup C Liga Champions, Rabu 6 Desember 2017 dini hari WIB. Mereka bakal melakoni laga dengan beban berat.

Selain dituntut menang atas Chelsea, untuk lolos ke babak 16 besar, Atletico masih harus bergantung dengan hasil pertandingan lain. Di mana AS Roma akan ditantang oleh Qarabaq.

Saat ini Atletico berada di peringkat ketiga klasemen Grup C. Mareka baru meraup enam poin, atau tertinggal dua poin dari Roma yang berada di tempat kedua. Sedangkan Chelsea nyaman berada di puncak dengan raupan 10 poin.

Meskipun dibilang Atletico sedang mengejar misi mustahil, namun bek andalan mereka, Filipe Luis tak ingin rekannya pesimistis. Baginya, berjuang sampai pertandingan berakhir masih harus tetap dilakukan.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit bagi kami, tetapi kami harus tetap tidak berhenti percaya," kata bek Atletico Madrid, Luis Filipe, seperti dikutip dari Football Espana.

"Sangat penting bagi kami untuk tidak menyerah dan terus berjuang, meskipun kami tahu kami butuh bergantung dengan tim lain," imbuh pemain asal Brasil tersebut.

Melawat ke Stamford Bridge Stadium, Los Rojiblancos juga bukan tanpa bekal. Mereka saat ini sedang percaya diri, karena di LaLiga baru saja bisa mengalahkan Real Sociedad dengan skor 2-1.

"Sekarang kami bermain dengan baik dan memenangkan pertandingan, jadi kami sangat senang tetapi juga harus berlatih dengan keras," tutur Saul Niguez, pemain Atletico, dikutip dari Marca.

Chelsea Sudah Lolos, tapi Enggan Melemah

Di kubu Chelsea, manajer Antonio Conte ingin anak asuhnya tidak menganggap remeh pertandingan nanti. Karena mereka butuh kemenangan atas tim tamu, guna memenuhi target menjadi juara Grup C.

Lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup bisa memudahkan mereka dalam mendapatkan lawan. Dan tentu itu bisa membuka peluang mereka lebih besar menuju gelar juara Liga Champions.

"Saya pikir pertandingan ini sangat penting karena kami melawan Atletico Madrid dan mereka menunjukkan di beberapa musim sebelumnya sebagai tim baik di Liga Champions," kata Conte, dikutip dari laman resmi Chelsea.

Juru taktik asal Italia itu sendiri sadar betul, anak asuhnya mesti bermain fokus melawan Atletico. Karena skuat asuhan Diego Simeone tentu tak ingin kehilangan muka gagal lolos dari fase grup dengan kekalahan dari Chelsea.

"Sekarang mereka (Atletico) sedang dalam keadaan riskan dan mungkin akan tereliminasi dari fase grup. Tetapi kami harus tetap bermain dengan sangat baik," imbuh Conte.

The Blues menatap laga nanti juga dengan bekal bagus. Karena Eden Hazard dan kawan-kawan mampu menang 2-1 saat berhadapan dengan Newcastle United di pekan ke-15 Premier League.

Hazard sendiri sedang dalam performa gemilang. Dia menyumbangkan satu gol Chelsea ke gawang Newcastle. Dan Conte yakin, pemain asal Belgia itu bakal terus berkembang dari pertandingan ke pertandingan lainnya.

"Saya tidak berpikir Eden Hazard sedang dalam karier terbaiknya. Dia selalu melakukan improvisasi. Dia pemain muda, dan penting baginya untuk terus bekerja, bekerja, dan menunjukkan dedikasi untuk diri sendiri," ujarnya.

Rekam Jejak Pertemuan

Sejak 2009 hingga saat ini, Chelsea dan Atletico sudah bertemu dalam enam pertandingan. Keduanya sama-sama pernah meraih dua kemenangan, sedangkan dua pertandingan lainnya imbang.

Jika mengerucut ke pertemuan di Stamford Bridge, Chelsea justru pernah merasakan kekalahan, yang terjadi pada 2014 lalu. The Blues dipaksa menyerah oleh Atletico dengan skor 1-3.

Menarik ke belakang, Chelsea juga pernah berpesta di kandang sendiri ketika menjamu Los Rojiblancos. Karena mereka menang dengan skor empat gol tanpa balas.

Yang menarik dari pertandingan nanti ialah adu cerdik kedua pelatih dalam membongkar pertahanan lawan. Karena diketahui, Conte dan Simeone merupakan juru taktik yang mampu membuat barisan pertahanan mereka sulit dibongkar lawan.

Berikut head to head kedua tim:

28 September 2017 - Atletico Madrid 1-2 Chelsea (Liga Champions)
1 Mei 2014 - Chelsea 1-3 Atletico Madrid (Liga Champions)
23 April 2014 - Atletico Madrid 0-0 Chelsea (Liga Champions)
1 September 2012 - Chelsea 1-4 Atletico Madrid (Super Cup)
4 September 2009 - Atletico Madrid 2-2 Chelsea (Liga Champions)
22 Oktober 2009 - Chelsea 4-0 Atletico Madrid (Liga Champions)