Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 05:10 WIB
  • Langkah Awal Klub Premier League Kuasai Liga Champions

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Langkah Awal Klub Premier League Kuasai Liga Champions
Photo :
  • REUTERS/Phil Noble
Pemain Liverpool rayakan kemenangan

VIVA – Tercipta rekor baru dalam Liga Champions 2017/2018. Di mana ada lima klub asal Premier League yang berhasil lolos ke babak 16 besar. Mereka adalah Manchester United, Tottenham Hotspur, Liverpool, Manchester City, dan Chelsea.

Capaian ini menjadi yang terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan wakil Inggris di kompetisi paling elite benua Eropa. Baiknya lagi, mereka mengulang pencapaian musim 2006/2007, dengan mengirim empat wakil ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Ketika itu yang mewakili Premier League adalah Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan MU. Sedangkan saat ini yang mampu jadi terbaik di fase grup adalah MU, Tottenham Hotspur, Liverpool, dan ManCity.

Catatan yang mengesankan ini seolah menjadi sinyal positif bagi publik Negeri Ratu Elizabeth. Karena dalam lima musim terakhir, tidak ada wakil Premier League yang mampu mencapai babak final.

Padahal, pada Liga Champions musim 2011/2012, Chelsea mampu membawa pulang trofi juara ke Tanah Inggris. Pada partai final mereka berhasil mengalahkan wakil Jerman, Bayern Munich melalui drama adu penalti.

Melihat hasil ini, manajer Tottenham, Mauricio Pochettino ikut optimistis. Juru taktik asal Argentina itu merasa sudah saatnya wakil Premier League mengambil alih dominasi tim asal Spanyol di Liga Champions.

"Ada lima tim dari Inggris di babak berikutnya. Sekarang kami butuh menunjukkan bisa menangani tekanan di Liga Champions dan melaju hingga semifinal dan final," ujar Pochettino, dikutip dari laman resmi UEFA.

"Di beberapa musim lalu, Spanyol mendominasi Liga Champions dengan Barcelona dan Real Madrid. Saya berharap, dengan tim yang ada menunjukkan performa yang bagus di Liga Champions karena ini fantastis bagi Inggris," imbuhnya.

Tottenham sendiri membuat capaian luar biasa di fase grup. Mereka keluar sebagai juara grup H dengan raihan 16 poin dari enam pertandingan. Sedangkan Real Madrid sebagai juara bertahan musim lalu berada di bawahnya dengan 13 poin.

"Bisa mengumpulkan 16 poin di grup yang sulit adalah sebuah pencapaian yang fantastis. Beberapa pemain yang jarang bermain saya beri kesempatan, dan saya senang dengan penampilan mereka," tutur Pochettino.

Selanjutnya...