Gol Telat Hilton Dongkrak SFC ke Puncak

Striker Sriwijaya FC, Hilton Moreira
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto

VIVAbola - Sriwijaya FC akhirnya kembali ke puncak klasemen Indonesia Super League (ISL) setelah menumbangkan Deltras Sidoarjo lewat skor tipis 1-0 pada Jumat, 13 April 2012.

Setelah bermain imbang kacamata pada babak pertama, Deltras dan SFC masih mengalami masalah yang sama di babak kedua. Mereka sama-sama sulit mengembangkan permainan, sehingga lebih sering berkutat di lapangan tengah.

Keith Kayamba Gumbs memiliki peluang emas pada menit ke-55. Namun, usaha top skorer sementara ISL itu gagal membuahkan hasil setelah sepakan kerasnya membentur tiang gawang Wahyudi.

Deltras mencoba membalas lewat pemain anyarnya Strecko Mitrovic. Namun, pemain yang baru diboyong dari PSM Makassar itu masih belum bisa mencetak gol pertamanya di ISL, karena masih tertahan oleh pemain belakang SFC.

Tuan rumah tetap dengan skema permainan rapat dengan operan-operan pendek. Tetapi, turunnya stamina para punggawa 'The Lobster' membuat performa tim tidak berkembang dengan maksimal.

Sepuluh menit jelang waktu normal usai, SFC terus meningkatkan serangan dan menekan Deltras. Peluang emas tercipta pada menit ke-82, namun tandukan Rizki Novriansyah masih melebar dari gawang.

Tiga menit kemudian, akhirnya SFC memecah kebuntuan. Berawal dari sepak pojok, Hilton Moreira berusaha menanduk bola, namun berhasil diblok pemain belakang Deltras.

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I

Bola rebound langsung disambar kembali oleh Hilton, setelah mengenai kaki lawan bola memantul melewati Wahyudi yang tidak bisa menyelamatkan gawangnya. Bola berusaha dibuang, namun sudah melewati garis lebih dulu, SFC pun unggul 1-0.

Drama pun terjadi di ujung babak kedua. Menit ke-88 Deltras memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan. M Fakhrudin yang mencoba menendang bola liar dijatuhkan Mahyadi Pangabean di kotak terlarang. Tanpa ragu wasit menunjuk titik putih.

Namun, peluang emas itu harus melayang setelah kiper cadangan, Rifki Mokodompit, berhasil menghalau tendangan 12 pas tersebut. Dengan sempurna kiper yang menggantikan Ferry Rotinsulu pada awal babak kedua itu membaca tendangan Fakhrudin. Skor 1-0 untuk keunggulan SFC atas Deltras pun akhirnya bertahan sampai peluit panjang.

Dengan kemenangan ini, SFC makin kokoh di puncak klasemen ISL dengan 39 poin, sama dengan Persipura Jayapura, namun unggul selisih gol. SFC pun mempunyai kesempatan untuk menjauh dari kejaran Persipura karena masih memiliki satu pertandingan lebih sedikit.

Sementara itu, untuk Deltras, kekalahan ini membuat mereka semakin terbenam di zona merah. Tim asuhan Peter Jorg itu masih menduduki peringkat 17, hanya unggul satu poin dari juru kunci Arema Indonesia.

Skuad lengkap:

Deltras FC: Wahyudi, Wahyu Gunawan (Qischill), Purwaka Yudhi, Milo Dadic (C), Benny Wahyudi, Strecko Mitrovic, Lancene Kone, James Koko Lomel, Ahmad Maulana, M. Fakhrudin, Sean Rooney.

Sriwijaya FC: Ferry Rotinsulu (Rifki Mokodompit), Mahyadi Pangabean, Nova Arianto, Jimmy Coyone, Supardi, Lim Jung Sik, Firman Utina (Rizki Novriansyah), Ponaryo Astaman, Hilton Moreira, Keith Kayamba, M. Ridwan (Siswanto).

(art)

Hadapi Sriwijaya FC di Laga Pertama, Ini Kata Pelatih Persib
Penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, usai cetak gol

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Tujuh gol tercipta di laga ini. Alberto Goncalves mencetak empat gol.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016