Odemwingie Melesat di West Brom, Bersinar di Timnas Nigeria

Marquee Player Madura United, Peter Odemwingie.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rian/Adm/aww/17.

VIVA.co.id – Indonesia kembali diramaikan dengan pemain jebolan Premier League, jelang bergulirnya Liga 1. Setelah Persib Bandung sukses menggaet Michael Essien dan Carlton Cole, giliran Madura United yang mendatangkan Peter Odemwingie.

PSS Sleman Lupakan Tren Negatif demi Jauhi Zona Degradasi

Lahir di Tashkent, Uzbekistan, Odemwingie memiliki ayah orang Nigeria dan ibu yang berkebangsaan Rusia. Dia memulai karier dengan tim Nigerian Premier League, Bendel Insurance.

Bersama Insurance, Adebayor mencetak 19 gol dari 53 pertandingan di liga, sejak 2000 hingga 2002. Setelah itu, dia melanjutkan karier ke Eropa dengan membela tim Belgia, La Louviere.

Cara PSS Sleman Benahi Tim Jelang Lawan Madura United

Setelah itu, Odemwingie membela tim Prancis, Lille dan tim asal Rusia, Lokomotiv Moscow. Kariernya melesat sejak bergabung dengan tim Premier League, West Bromwich Albion di musim 2010-11.

Tiga musim bersama West Brom, Odemwingie sempat meraih berbagai gelar individu. Dia tiga kali meraih penghargaan bulanan, Premier League Player of the Month. Selain itu, dia meraih gelar Pemain Terbaik Afrika di Premier League pada 2011.

Hasil Liga 1: Arema FC Vs Bhayangkara FC Imbang, Persita Tumbang

Odemwingie tampil cukup produktif bersama West Brom. Dia sukses mencetak 31 gol dari 89 penampilan di semua kompetisi dalam tiga musim.

Odemwingie melanjutkan karier bersama Cardiff City di musim 2013-14. Hanya bertahan setengah musim, dia hengkang ke klub Premier League lainnya, Stoke City.

Bersama Stoke, karier Odemwingie sempat meredup. Cedera sempat mengganggunya, dan hanya mencetak 5 gol dari 31 penampilan dalam 3 musim.

Maret 2016, Odemwingie yang kesulitan mendapatkan tempat di Stoke dipinjamkan ke Bristol City. Di musim selanjutnya, dia menandatangani kontrak jangka pendek bersama tim Championship, Rotherham United. Dia hanya tampil dalam 7 pertandingan tanpa mencetak satu pun gol.

Di level timnas, Odemwingie sempat menjadi andalan Nigeria pada 2002 hingga 2014. Dia tampil 63 kali bersama negaranya, dan mencetak 10 gol.

Odemwingie sempat membawa Nigeria meraih medali perak Olimpiade 2008. Di Piala Afrika, dia tiga kali membawa Super Eagles meraih posisi ketiga pada 2004, 2006, dan 2010. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya