Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 06:04 WIB
  • Jamu Persebaya, PSIM Targetkan Raih Tiga Poin

  • Oleh
    • Muhammad Indra Nugraha,
    • Daru Waskita (Yogyakarta)
Jamu Persebaya, PSIM Targetkan Raih Tiga Poin
Photo :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/ama/17.
Pemain Persebaya Surabaya

VIVA.co.id - PSIM Yogyakarta akan menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan group 5 Liga 2 di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis siang 18 Mei 2017. Ini menjadi kesempatan bagi tuan rumah untuk kembali meraih poin penuh setelah sebelumnya gagal mencuri poin di laga tandang.

Dukungan ribuan supporter menjadi motivasi besar untuk meraih kemenangan. Apalagi tim yang  berjuluk Laskar Mataram ini belum pernah menelan kekalahan saat main di kandang.

Dari dua laga kandang yang sudah dijalani, PSIM berhasil meraih kemenangan atas Martapura FC dengan skor 3-2 dan Persinga 2-0. Tentu saja hasil positif itu menjadi modal bagi anak asuh Erwan Hendarwanto untuk memenangkan laga atas tamunya, Persebaya Surabaya.

Menjamu Persebaya Surabaya tim pelatih PSIM mengisyaratkan untuk kembali menggunakan formasi baku 4-2-3-1. Skema tersebut dinilai paling pas untuk jalankan oleh Ahmad Taufik dan kawan-kawan. Selain karena sudah terbiasa, dengan skema 4-2-3-1 ini, keseimbangan permainan antarlini juga lebih baik.

"Kita akan kembali menggunakan formasi baku 4-2-3-1,"kata Erwan Hendarwanto, Arsitek PSIM Yogyakarta, Rabu 17 Mei 2017

Persebaya sendiri di mata sang pelatih merupakan salah satu tim kuat yang ada di group 5. Tim berjuluk green force ini dihuni oleh pemain-pemain yang berpengalaman. Tentu saja hal itu bisa menyulitkan bagi PSIM untuk bisa meraih poin penuh.

Namun sebagai tuan rumah, PSIM mau tidak mau harus bisa mengambil poin untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara group 5.  Untuk itu, dalam laga nanti, semuanya harus bisa tampil lepas dan berjuang maksimal untuk meraih kemenangan.

"Persebaya tim kuat, kita minta para pemain untuk mewaspadai pergerakan pemain-pemain lawan, terutama saat masuk ke pertahanan. Dan yang paling penting pemain tampil  tenang dan enjoy," jelasnya.

Meski secara tim sudah siap, namun di laga nanti, PSIM harus kehilangan wing back kiri andalannya, Said Mardjan. Pemain asli Sangihe ini harus absen karena mengalami cedera ligamen otot kanannya saat tampil menghadapi Madiun Putra pekan lalu.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Said, Erwan pun menggeser Dias Bayu ke kiri. Sementara untuk posisi wing back kanan, kemungkinan dipercayakan kepada Ayub Antoh. Sedangkan dua center back masih akan dipercayakan kepada Ahmad Taufik dan Edo Pratama.

Di lini tengah, kemungkinan Erwan akan sedikit melakukan perubahan dengan menempatkan Dimas Priambodo dan Andi Kurniawan sebagai gelandang jangkar. Diharapkan, kombinasi pemain senior dan yunior tersebut mampu meredam agresifitas lini tengah dan depan Persebaya yang dikomandoi oleh Rendi Irawan.

Sementara untuk gelandang serang, trio Rangga Muslim, Hendika Arga dan Dicky Prayoga masih menjadi andalan untuk menembus lini belakang Persebaya yang dikawal oleh Andri Mulyadi, Ahmad Latief, Abu Rizal, Abdul Aziz.

Sedangkan ujung tombak,Engkus kemungkinan masih akan ditempatkan sebagai juru gedor. Pemain yang menjadi andalan di lini depan ini sudah dua kali mencetak gol bagi PSIM.

Kubu tim tamu, laga melawan tuan rumah PSIM ini menjadi ujian berat. Apalagi tuan rumah belum pernah menelan kekalahan saat bermain di depan publiknya. Namun demikian, Persebaya tetap menargetkan bisa mencuri poin dari tuan rumah PSIM.

" PSIM memiliki striker dan gelandang yang cukup berbahaya. Kita minta semu mewaspadai itu," kata asisten pelatih Persebaya, Ahmad Rosidin.

Dalam laga nanti, Rosidin mengaku akan bermain lebih sabar dan memanfaatkan serangan balik. Dia yakin, PSIM yang bermain di kandang akan tampil menyerang sejak awal dan berusaha mencuri gol cepat.

Untuk mengantisipasi hal itu, Rendi Irawan dan kawan-kawan diinstruksikan untuk bermain sabar dan tetap menjaga konsentrasi selama 90 menit.

"Semua sudah siap untuk bertanding. Kita minta semuanya bisa jaga konsentrasi, terutama di menit-menit awal dan akhir,"jelasnya.