Efek Domino Liga 1 Senior dan U-19

Prestasi klub Liga 1 senior bisa berdampak pada tim U-19.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

VIVA.co.id – Kompetisi Liga 1 U-19 resmi digelar musim ini. Kick-off akan dilaksanakan pada 8 Juli 2017, dengan duel Persija Jakarta vs Sriwijaya FC di Stadion Patriot Chandrabhaga.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Tak seperti Liga 1 senior, pada kasta U-19, kompetisi dibagi ke dalam tiga grup. Hanya saja, prestasi klub senior akan berdampak pada tim U-19.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Tigorshalom Boboy, menggambarkan, andai tim senior terdegradasi, maka level U-19 juga harus turun kasta.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Standar regulasi pun disamakan. Seperti tes medis, segala macam aspek yang ditetapkan untuk tim U-19 ternyata sama dengan senior.

Penggunaan wasit pun sama. Wasit di Liga 1 senior juga akan diberdayakan di kompetisi U-19.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

"Kami tak mau membedakan dengan tim senior. Terkait medis, kami tak mau beda, semua harus sama dengan senior. Bahkan, kami menggunakan wasit dari Liga 1 dan 2," terang Tigor.

Terkait status pemain, mereka yang sudah terdaftar di tim senior boleh berlaga di U-19, asalkan usia mereka masih sesuai. "Tapi, pendaftaran pemain hanya satu saja, U-19 atau senior. Kami mau membangun sistem hubungan," kata Tigor.

Teror Pencurian Umur

Bukan hal yang asing lagi, kasus pencurian umur masih menghantui kompetisi usia muda di Indonesia. PT LIB sudah memiliki trik untuk meminimalisir kasus ini.

Awalnya, mereka ingin menggunakan tes MRI untuk membuktikan usia sang pemain. Hanya saja, biayanya terlalu mahal.

"Alhasil, kami memeriksa dokumen saja. Akta kelahiran dan ijazah jadi acuannya. Namun, jika diperlukan, kami meminta dokumen tambahan," ujar Tigor.

Seluruh pemain akan diawasi dalam proses verifikasi. Jika nantinya ada yang terbukti melanggar dalam aturan usia, sanksi berat sudah menanti mereka.

"Ada sanksi bagi mereka yang melakukan pelanggaran atau melakukan pencurian umur," tegas dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya