Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 13:52 WIB
  • PSSI Beri Lampu Hijau, The Jak Belum Pasti ke Markas Persib

  • Oleh
    • Anry Dhanniary
PSSI Beri Lampu Hijau, The Jak Belum Pasti ke Markas Persib
Photo :
  • Istimewa
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania

VIVA.co.id – PSSI sempat mendengungkan wacana memperbolehkan suporter Persija Jakarta, The Jakmania, untuk mendukung timnya saat bertandang ke markas Persib Bandung. Bagaimana reaksi The Jak?

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, sempat mengungkapkan niat membiarkan The Jakmania untuk datang ke Bandung dalam laga kontra Persib, Sabtu, 22 Juli 2017, mendatang.

Keputusan itu tentu mengejutkan karena diketahui The Jakmania dan Viking, salah satu kelompok suporter Persib, punya sejarah keributan yang panjang. Bahkan, Persija tak pernah didukung suporternya tiap main di Bandung lebih dari satu dekade terakhir.

Tetapi, sampai saat ini situasi masih simpang siur. Tidak ada kejelasan lebih lanjut soal rencana tersebut.

Ditanya mengenai hal tersebut, Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, menyambut baik keputusan PSSI tersebut. Namun, dia mengaku masih belum membuat keputusan final.

Ferry menegaskan hanya akan mengkoordinir The Jakmania menuju Bandung asal sudah diberikan kepastian oleh panitia pelaksana pertandingan Persib.

"Kan yang bertanggung jawab terhadap pertandingan panitia pelaksana Persib, bukan PSSI. Jadi kita menunggu informasi lanjutan dari panpel Persib. Tapi, sampai saat ini belum ada," ujar Ferry, saat dihubungi VIVA.co.id.

"Kami masih fokus ke laga melawan Espanyol, nanti baru kita bicarakan lebih lanjut. Saat ini, belum ada keputusan apa-apa dari The Jakmania," lanjutnya.

Kalau sampai diperbolehkan dan diberikan tempat di tribun Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Ferry pun siap untuk membawa suporter Persija.

Tapi, Ferry dengan tegas menyatakan seluruh pendukung Persija harus menunjukkan sikap dewasa. Ia meminta The Jakmania sudah bisa menjaga sikap sejak saat ini di dunia maya maupun di kehidupan nyata.

"Kalau diperbolehkan, tentu kami ingin mendukung Persija di Bandung. Tapi, kita akan lihat dulu apakah The Jakmania siap untuk menjadi tamu yang baik. Kalau di media sosial masih caci maki, yah mana bisa jadi tamu yang baik. Kita juga harus santun datang ke rumah orang," tegasnya.

The Jakmania sudah memperlihatkan perubahan drastis musim ini. Persija pun kini hanya kena sanksi satu kali karena ulah suporter. Salah satu bukti kreatifitas Persija lewat koreografi apik, yang bisa dilihat di sini.