Wacana Wasit Asing, Pelatih PSM Sebut Langkah Keliru

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA.co.id - Wacana yang digulirkan oleh PT Liga Indonesia Baru, selaku operator Liga 1 soal penggunaan wasit asing pada putaran kedua mendapat reaksi beragam.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Salah satunya datang dari Robert Rene Albert, Pelatih PSM Makassar, yang menilai wacana penggunaan wasit asing langkah keliru.

"Wasit asing di putaran kedua itu yang kita dengar, apakah benar? Saya kira, itu langkah salah. Saya tidak seide dengan itu," kata Robert di Bali, Senin 24 Juli 2017.

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik

Menurut Robert, Indonesia tak membutuhkan wasit asing. Apalagi, kinerja mereka belum tentu sebagus wasit Indonesia saat ini.

"Kita tidak butuh wasit asing. Kita tidak tahu background dan lisensi mereka," ujarnya.

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Yang dibutuhkan saat ini menurut Robert, adalah teknologi Video Assistant Referee (VAR/video tayangan ulang) yang akan membantu kinerja wasit dalam mengadili jalannya pertandingan. Kehadiran teknologi VAR dalam sepakbola Indonesia, diharapkan Robert, akan membuat wasit memberikan keputusan yang adil atas suatu peristiwa.

"Saat ini, yang dibutuhkan adalah VAR dan memberi keputusan yang fair. Saat ini. wasit di bawah tekanan besar ketika pergi ke suatu kandang tim untuk memimpin pertandingan," ujar Robert. (asp)

Pertandingan Liga 1 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta akhir pekan kemarin berakhir ricuh. Bobotoh melempari pemain Persija dengan botol usai laga. VIVA.co.id merekam seluruh kejadian di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya