Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 18:50 WIB
  • Giliran Wasit Asal Iran Pimpin Laga Liga 1

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles,
    • Muhammad Nurhendra Saputra
Giliran Wasit Asal Iran Pimpin Laga Liga 1
Photo :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus
Wasit asing yang bertugas di laga Persib Bandung versus PS TNI

VIVA.co.id – Wasit asing kembali bertugas di Liga 1. Setelah enam wasit asal Australia dan Kyrgistan kembali ke negara masing-masing, PSSI kini memanggil tiga orang yang berasal dari Iran.

Nantinya, mereka akan memimpin pertandingan pada pekan ke-19 dan 20 Liga 1. Namun, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, enggan mengumumkan nama-nama wasit tersebut.

(Baca juga: Wasit Asing Makin Disayang, yang Lokal 'Ditendang')

"Untuk wasit yang dari Iran ini sedikit unik. Ia bisa bergabung dengan kami pada pekan 19 dan 20 Liga 1. Kami meminta untuk pekan 20 dan 21 sebenarnya, tapi mereka bisanya pekan 19 dan 20. Ya kami welcome," kata Tisha kepada wartawan, Selasa 8 Agustus 2017.

Program penggunaan wasit asing dimulai di putaran II Liga 1. Keputusan itu diambil dengan pertimbangan kualitas wasit lokal di putaran I belum maksimal.

Pada pekan ke-20 dan 21 Liga 1 nanti, tiga wasit asal Kyrgistan akan kembali digunakan. Namun, mereka bukan paketan seperti yang sebelumnya bertugas.

(Baca juga: Rekor Apik Terhenti, Persija Kambing Hitamkan Wasit)

"Yang dari Kyrgistan nanti orang baru. Memang tidak mudah mendapatkan kualifikasi wasit dari FIFA yang high quality. Kita juga melakukan seleksi, jadi tidak akan memaksakan jika tidak bisa," tambah Tisha.  

Terkait dengan kedatangan wasit asing, pro dan kontra tak bisa dihindari. Sebab, hanya pertandingan tertentu saja yang mereka pimpin. (one)