Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 | 15:03 WIB
  • Belum Aman, PSIS Terdesak Labrak PSIR

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Bramono
Belum Aman, PSIS Terdesak Labrak PSIR
Photo :
  • https://liga-indonesia.id
Para pemain PSIS Semarang

VIVA.co.id – PSIS Semarang masih memimpin persaingan Grup 4 Liga 2017. Mahesa Jenar di puncak klasemen dengan raihan 25 poin dari 10 laga. Tetapi, jalan menuju 16 besar belum aman. PSIR Rembang harus dilabrak, Sabtu 12 Agustus 2017.

PSIS masih dikuntit dua rival yang paling mengancam dalam perebutan tiket 16 besar. Persis Solo di urutan kedua berjarak dua angka dari PSIS. PSIR di urutan tiga terpaut empat angka. Artinya, dari 12 poin yang tersedia di empat laga tersisa, merebak berbagai kemungkinan. Komposisi di tiga besar pun bisa berubah.

Subangkit, pelatih kepala PSIS, berhitung cermat soal itu. Karenanya, ia pantang berspekulasi. Juga tak mau bergantung pada kasus Persis dan PSIR. Poin Persis terancam dipotong 3 karena menolak lanjutkan laga di markas PSIR menyusul kisruh suporter. Laga dihentikan, mereka tertinggal 0-1.

Jika ketetapkan Komdis PSSI terkait pemotongan tiga poin Persis diberlakukan, PSIR otomatis naik ke urutan dua. Sebaliknya, Persis turun ke urutan tiga. Jarak PSIR dan Persis dengan PSIS melebar. Itu terjadi, beban Subangkit dan skuatnya lebih ringan. Tetapi, Subangkit abaikan kemungkinan itu.

Subangkit pilih fokus membangun kekuatan PSIS. Ia minta Mohammad Ridwan dkk tak meleng saat menghadapi siapa pun di empat laga tersisa. Lawan terdekat adalah PSIR. Target tinggi dipancangkan. Mahesa Jenar siap tampil total demi jadikan PSIR korban ke-6 di Stadion Jatidiri, Semarang.

PSIS memang di atas angin. Di Stadion Jatidiri, mereka sangat perkasa. Lima laga kandang dimainkan, tak ada tamu yang sanggup curi poin, apalagi menang. Gawang Mahesa Jenar pun baru sekali bobol. Itu saat mereka menikam Sragen United 2-1. Persiba Bantul terparah. Mereka digilas 5-0.

PSIS juga dominan atas PSIR. Di lima bentrok terdahulu, mereka tiga kali menang, sekali imbang, dan sekali tumbang. Pada putaran I di kandang, PSIR menunjukkan perlawanan sengit. PSIS diganjal 1-1. Tetapi, itu siap dimentahkan PSIS. Mereka siap labrak PSIR sebelum Stadion Jatidiri direnovasi.